Rendeng dan Somongari Dikukuhkan sebagai Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Purworejo Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PURWOREJO – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) pada Rabu (26/7/2023). Dalam gelaran tersebut, ditetapkan desa Rendeng (kecamatan Gebang) dan desa Somongari (kecamatan Kaligesing) sebagai kampung KMB. Acara ini berbarengan dengan peluncuran secara nasional yang melibatkan seribu Kampung Moderasi Beragama dari seluruh wilayah Nusantara.

Secara daring Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki menyampaikan, pembentukan KMB dimaksudkan dapat membangun perdamaian di tengah kemajemukan. “Pembentukan Kampung Moderasi Beragama merupakan langkah positif untuk mempromosikan perdamaian, toleransi, serta menjaga kerukunan dan keberagaman di masyarakat kita,” ujar Wamenag saat peluncuran Kampung Moderasi Beragama di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta.

Untuk Launching KMB tingkat kabupaten Purworejo, acara dihelat di aula desa Rendeng dihadiri oleh kepala kemenag beserta seluruh pejabat struktural di lingkungan Kemenag Purworejo, kepala KUA, Penyuluh Agama Islam, kepala Badan Kesbangpol, forkopincam Gebang, ketua polosoro Kaligesing, ketua FKUB, serta para tokoh agama di Kabupaten Purworejo.

Kakankemenag Kabupaten Purworejo, Aziz Muslim menyampaikan bahwa dengan peluncuran KMB, hal tersebut akan mengukuhkan keharmonisan dan sikap toleran di dalam masyarakat yang heterogen. “Semoga muncul banyak agen moderasi beragama di desa Rendeng dan Somongari serta cepat menular ke seluruh Purworejo bahkan seluruh negeri. Ikhtiar hari ini merupakan upaya menjaga negara tetap aman dan masyarakatnya merdeka dalam menjalankan ibadah masing-masing,” tuturnya. Acara dimeriahkan oleh grup rebana setempat, seremonial pelepasan balon dan doa bersama dipimpin oleh masing-masing tokoh agama. (sgy/bd)