Kemenag Demak Selesaikan Rangkaian Bimbingan Manasik Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Menjelang keberangkatan calon jemaah haji 2022, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Demak menggelar Bimbingan Manasik Haji 2 Tingkat Kabupaten di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Demak, Minggu (29/04).

Kegiatan tersebut merupakan bagian akhir dari berbagai rangkaian bimbingan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kemenag Demak. Sebelumnya ditempat yang sama, dilaksanakan juga bimbingan manasik haji pertama pada tanggal 24 Mei, Selasa yang lalu.

Beda pada saat bimbingan manasik haji yang pertama, kali ini Bupati Demak kehadirannya diwakili oleh Wakil Bupati, H. Ali Makhsun. Nampak hadir pula dalam kegiatan itu jajaran Forkopimda, Pengurus IPHI, Petugas Pendamping Haji, dan Kepala Kantor Kemenag Demak, H. Ahmad Muhtadi yang didampingi para Kasi dan Penyelenggara, serta Kepala KUA kecamatan se-Kabupaten Demak.

“Kepada Bupati Demak, perkenankan kami atas nama kepala Kantor melaporkan hal-hal sebagai berikut : Jumlah jemaah yang berangkat dari Demak sebanyak 591 orang, dengan rincian jemaah lunas 595 orang, mutasi masuk 2 orang, mutasi keluar 22 orang, dan jemaah cadangan yang berhak berangkat 16 orang,” Ahmad Muhtadi melaporkan.

Menurutnya, prosesi ibadah haji memakan waktu cukup lama dan membutuhkan energi yang besar oleh karena itu ia berharap agar seluruh jemaah untuk selalu menjaga kesehatan menjelang dan selama di tanah suci.

Sementara itu, usai laporan Kepala Kemenag, Wakil Bupati berkesempatan menyampaikan sambutan. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Demak, kami mengapresiasi atas pelaksanaan dan penyelenggaraan bimbingan manasik haji ini yang kemarin sudah dibuka oleh Bupati. Ini merupakan bukti bahwa pemerintah memberikan perhatian yang baik kepada para calon jemaah,” ucapnya.

Nampak para calon jemaah haji mengikuti dengan seksama seluruh rangkaian acara pagi itu. Lebih-lebih ketika H. Ali Makhsun mengajak melantunkan solawat secara bersama-sama, para jemaah kompak mengikutinya sehingga suara gemuruh memenuhi seluruh sudut ruangan hingga terdengar sampai luar gedung.

Usai sambutan dilanjutkan penyampaian materi pembinaan oleh Subandi petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, dan Nur Fauzi, Kasubbag TU Kemenag Demak, sembari juga memperkenalkan para petugas pendamping jemaah haji.(msr/rf).