Kemenag Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Covid19

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Menindaklanjuti instruksi Menteri Agama untuk menanggulangi Covid19, Kemenag Rembang merencanakan sejumlah program dan aksi. Hal ini mengemuka dalam rapat koordinasi yang diadakan pada Senin (1/2/2021) di aula Kemenag Rembang.

Turut hadir dalam rapat ini, Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah, Kasubag TU, Moh. Mukson dan segenap pejabat Kasi/Gara serta Kepala KUA dan Kepala Madrasah Negeri.

Dalam rapat tersebut, disepakati langkah yang akan dilakukan Kemenag Rembang dan seluruh satker. “Upaya antisipasi ini dilakukan oleh Kemenag dan jajaran satkernya. Nantinya akan kita laporkan setiap hari kepada Kemenag RI,” kata Kakankemenag.

Adapun upaya yang akan dilakukan yaitu mengadakan sosialisasi secara aktif kepada masyarakat secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung akan dilakukan dengan pemasagan banner kampanye penanggungalan Covid19, himbauan di media sosial, baik Youtube, Facebook, instagram maupun lainnya. Himbauan tersebut bisa dengan membuat flyer  atau video pendek.

“Kampanye prokes hari pertama, kita telah menyebarkan video pendek anjuran memakai masker dari Gus Mus. Selanjutnya kita bisa membuat video pendek tentang prokes, testimoni dari penderita yang berhasil sembuh atau anjuran dari pemuka agama,” kata Fatah.

Adapun himbauan secara langsung, bisa dilakukan dengan memberikan penyuluhan tatap muka kepada masyarakat. Upaya ini dipenuhi bekerjasama dengan penyuluh Agama Islam baik PNS/non PNS, serta para kyai dan tokoh agama setempat. Selain itu juga menggandeng pihak Kecamatan serta Desa.

“Penyuluhan secara langsung ini efektif, karena warga desa banyak yang belum melek media sosial. Sehingga kita bisa memberikan edukasi pentingnya menerapkan prokes kepada mereka,” kaa Fatah.

Upaya lainnya yaitu menerapkan prokes secara ketat di setiap satker. Prokes tersebut meliputi 5 M, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Selain itu juga mengadakan penyemprotan disinfektan secara rutin.

“Kita juga akan menggalang dana untuk menunjang pelaksanaan proks di masyarakat, seperti pembagian masker,” pungkas Fatah. —iq/qq