Kemenag Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Tarawih dan Silaturahim

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kebaikan yang diviralkan akan membentuk mindset positif dalam masyarakat. Berfikir positif menjadi sangat penting untuk membentuk masyarakat positif, kata Ahmad Sulthoni dalam mauidhoh hasanah Tarhim putaran kelima yang diselenggarakan PAR Kota Salatiga.

Puasa itu ibadah untuk Allah. Uniknya pada bulan Puasa atau Ramadhan ini langsung diviralkan oleh Allah dan Rosul-Nya dengan mensyariatkan puasa dalam satu bulan Ramadhan. Meski itu ibadah rahasia, namun menjadi rahasia umum bahwa seseorang sedang puasa, tambahnya.

Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menjadi tuan rumah kegiatan Tarawih Silaturahim (Tarhim) putaran kelima  bertempat di MAN Salatiga, Jum’at, (31/3/2023)

Kegiatan rutin tahunan ini diselenggarakan oleh Panitia Amalan Ramadhan Kota Salatiga (PAR). Pada tahun ini akan diadakan 15 putaran kegiatan, yang diselenggarakan secara bergiliran instansi Pemerintah dan swasta di  lingkungan Kota Salatiga.

Kegiatan Tarhim tahun ini mengambil tema “Ramadhan Wujudkan Masyarakat Yang ramah, Toleran dan Rukun.”

Adapun tarhim putaran kelima untuk pelaksanaan tahun ini, bertindak selaku Imam  H. Luthi Chakim, Lc, Penceramah Dr. H. Achmad Sulthoni, M.Pd dan Bilal H. Mudatsir, M.Si.

Berkenan hadir Asisten 3 Pemerintah Kota Salatiga, berserta Kepala OPD di lingkungan Pemkot Salatiga, jajaran Forkompinda Kota Salatiga, unsur TNI POLRI dan masyarakat umum yang mengikuti kegiatan ini.

Lebih lanjut Dr. H. Achmad Sulthoni, M.Pd  dalam ceramahnya yang mengambil tema memviralkan kebaikan, menyampaikan bulan puasa, Allah membuka pintu surga, menutup pintu neraka dan membelenggu setan. Semua informasi positif membuka fitrah manusia untuk bertarawih, banyak sedekah, kuat membaca Al Quran.

“Artinya ketika kebaikan diviralkan maka akan membentuk atmosfir kebaikan masyarakat. Salatiga mungkin perlu banyak membuat program kebaikan yang diviralkan. Jika pemerintah punya program kebaikan yang diviralkan, maka masyarakat Salatiga akan termotivasi melakukan kebaikan itu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga yang diwakili Kasi PHU, H. Muhammad Miftah dalam sambutannya menyampaikan ucapan rasa terima kasih dan apresiasi atas kehadiran para tamu dalam acara Tarhim yang diselenggarakan oleh Kemenag kota Salatiga ini.

“Selanjutnya atas nama pribadi maupun lembaga saya mohon jika dalam beberapa waktu ini pelayanan kami kurang maksimal dikarenakan Kantor Kemenag Kota Salatiga dalam proses renovasi gedung maka kegiatan Tarhin bertempat di MAN ini,” tutur Miftah.

Dalam kegiatan, Kepala Kemenag diwakili Kasubag TU  beserta Asisten 3 Pemkot Kota Salatiga dan Ketua Basnaz Kota Salatiga menyerahkan bantuan kepada Pegawai Honorer di lingkungan Kantor Kemenag Kota Salatiga sebanyak 25 orang.(Humas/Khusnul-YF/Sua)