Kemenag Klaten Gelar Sosialisasi EMIS Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Dalam rangka penyelesaian pendataan EMIS Madrasah yang baik dan tepat waktu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi EMIS Madrasah Tahun 2023, Selasa, (25/07).

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 25 – 26 Juli 2023 di RM. Bu Mayar Cawas, Jl. By Pass Klaten. Hari pertama diikuti 70 peserta perwakilan dari operator MI, MTs dan MA dan dihari ke dua diikuti 65 peserta perwakilan dari jenjang RA dan MI.

Dalam sambutan pembukaanya Kepala Kantor Kemenag Kab. Klaten, Hariyadi memberikan apresiasi kepada para operator, disampaikan bahwa para operator adalah pahlawan, pahlawan data karena peran operator, baik di RA, MI, MTs dan MA sangat penting, dari merekalah semua data akan direkam dengan baik, ibaratnya para operator adalah penyusun peta, bahwa setiap orang jalan pasti membutuhkan peta biar bisa sampai ditujuan dengan cepat dan tepat.

“Sosialisasi ini penting, terkait pengolahan data. karena akan menjadi dasar pegambilan kebijakan dan penganggaran semisal terkait BOS, BOP, Sarpras dan lain sebagainya, oleh sebab itu diharapkan para operator sungguh-sungguh, cermat dan teliti sehingga data yang diinput dan diolah itu valid, lengkap serta tepat waktu,” tandas Hariyadi.

Hariyadi menuturkan bahwa EMIS merupakan ruhnya madrasah. Sebab, data apapun apabila EMIS salah maka, data yang lain pun akan ikut salah atau tidak sesuai. Oleh karena itu, sosialisasi EMIS ini penting untuk memaksimalkan kinerja operator dalam mengoperasikannya.

“Semua data pada madrasah itu berada pada EMIS itu, bila data di EMIS ini salah maka akan menjadi masalah kedepanya, demikian juga bila input data EMIS di madrasah itu benar, maka keadaan madrasah itu akan di rekam dengan baik oleh pemerintah dan ini sangat penting bagi perkembangan madrasah kedepan,” pungkas Hariyadi.(sm/Sua)