Kemenag Optimalkan Penyuluh, Dukung Program Rembang Kudu Resik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang –Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang turut mendukung program pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang bersih. Salah satu upayanya adalah menggelar program Rembang Kudu Resik yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang.

Program ini didukung dengan serangkaian acara yang digelar pada Jumat-Sabtu (23-24/9/2022) di Pantai Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Rangkaian acara tersebut yaitu bersih-bersih Pantai Dasun dan sarasehan.

Kepala KUA Lasem, Subkhan hadir dalam acara sarasehan mewakili Kepala Kemenag Rembang. Hadir pula dalam acara ini, Ibu Bupati Rembang, Hasiroh Hafidz, jajaran Forkompinda dan perwakilan OPD.

Subkhan mengatakan, pihaknya siap mendukung program Pemkab ini. Menurutnya, kegiatan yang bertemakan “13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah” ini sangat bermanfaat untuuk mengatasi masalah lingkungan yang kian tercemar.

“Kami mendukung program pemerintah ini. Kami telah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, contohnya dengan mengadakan giat Jumat bersih, baik di KUA maupun madrasah,” kata Subkhan.

Menurutnya, kesadaran masyarakat perlu dibangun untuk menjaga lingkungan agar tetap seimbang. “Kami mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih. Karena lingkungan adalah masalah yang penting, namun sering diabaikan oleh masyarakat. Edukasi ini adalah tugas penyuluh Agama Islam,” katanya.

Pada Sabtu pagi (24/9/2022) diadakan bersih-bersih Pantai Dasun. Kegiatan ini melibatkan banyak elemen masyarakat, ormas dan sekolah. Peserta tampak membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang bibir pantai Dasun. — iq/rf