Kemenag Salatiga Adakan Rakor Asesmen Bagi Kepala Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Seksi Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi Asesmen Madrasah Bagi Kepala Madrasah se Kota Salatiga, Selasa, (18/4/23) di Masjid Al Firdaus Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga.

Giat dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga didampingi Kasi Penmad dan diikuti 47 orang yang terdiri dari Pengawas, Kepala Madrasah se Kota Salatiga dan Penilai di masing-masing Madrasah baik dari jenjang MI, MTs maupun MA.

Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman mengatakan Asesmen Madrasah (AM) atau Ujian Madrasah adalah asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

“Asesmen Madrasah sangat penting dalam rangka memberikan evaluasi terhadap proses pembelajaran,” tutur Taufiq.

Lebih lanjut Taufiq mengatakan Tujuan Sosialisasi Asesmen Madrasah ini untuk mengetahui dan memahami secara teknis prosedur, langkah-langkah, perencanaan, perakitan soal, penyelenggaraan sistem pemeriksaan dan penilaian.

Selanjutnya Taufiq mengatakan berkaitan dengan libur nasional dan cuti bersama untuk ASN di Madrasah harus memperhatikan jam masuk kerja H-2 sebelum lebaran dan H+2 sesudah lebaran dan hasil rekapan kehadiran disetor di UP Kemenag Salatiga paling lambat tanggal 28 April 2023.

Sebelumnya Kasi Pendidikan Madrasah, H. Qomarul Azis mengatakan Kegiatan Rakor ini didanai dengan dana DIPA. Rakor ini sebagai panduan bagi stakeholder madrasah mulai dari kepala madrasah, guru, pengawas dan pemangku kepentingan pendidikan dalam menyelenggarakan ujian madrasah tahun 2023.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan hari ini, semoga kedepannya Madrasah dapat memfasilitasi serta dapat meningkatkan dan ketrampilan guru dalam menyusun Asesmen Madrasah,“ ujar Azis.

Lebih lanjut Azis mengatakan Asesmen Madrasah tingkat MA sudah dilaksanakan sebelum puasa romadhon sedangkan untuk tingkat MI dan MTs akan dilaksanakan sesudah hari Raya.(Humas/Khusnul-Fitri/Sua)