Kemenag Salatiga Serahkan 300 Sertifikat Halal Kepada Pelaku UMKM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Zawa) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Salatiga menyelenggarakan Penyerahan Sertifikat Halal Serentak Wilayah Kota Salatiga dalam Rangka Memperingati HUT Kota Salatiga Ke-1273 dan HUT RI ke-78 di Ruang Kaloka Gedung Sekda pada Kamis, (27/07). Penerimaan Sertifikasi Halal ini diberikan oleh Kakankemenag Kota Salatiga didampingi oleh Sekda Kota Salatiga Ir. Wuri Pudjiastuti, Asisten 1 Sekda Kota Salatiga Joko Wahono, SE. MM, Plh. Kabag Kesra Krisna, SE, Kasatgas Halal Kota Salatiga Nurcholis, M. Pd.I dan Petugas Pendamping Produk Halal Kota Salatiga.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Kota Salatiga, H. Wiharso menyampaikan penerapan gencaran sertifikasi halal mereka mulai dari lingkungan terdekat. “Kementerian Agama Menjadi contoh percepatan program ini dengan mewajibkan Sertifikasi Halal seluruh produk dan kantin di lingkungan satuan kerja Kementerian Agama, serta melakukan edukasi untuk mendorong dan membantu para pelaku usaha yang memproduksi dan atau menjual produk di lingkungan Kementerian Agama,” jelas Wiharso.

Selanjutnya Sekda Kota Salatiga, Ir. Wuri Pudjiastuti dalam sambutannya menggencarkan setiap agenda kegiatan di Salatiga untuk menggunakan snack dengan sertfifikat halal dalam rangka menghargai 300 UMKM yang menerima sertifikat halal hari ini.

“Kalau sampai snack di setiap agenda kegiatan RT/RW, masih pakai produk pabrik kita denda. Jadi Bapak/Ibu sebagai saksi, kalau ada undangan degan produk pabrik, Bapak/Ibu laporkan pada Pemerintah Kota. Percuma kalau gitu, kita hargai produk-produk kita sendiri,” tegas Wuri.

Tak hanya elemen pemerintah saja, namun Bank Syariah Indonesia (BSI) pun turut mensuskseskan acara ini guna menyalurkan program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang otomatis berliterasi dengan syariah dan masuk dalam sektor industri halal.(Fitri/Sua)