Kepala Puskesmas Imbau Siswa MTsN 1 Rembang Tanamkan Pola Hidup Sehat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 1 Rembang – Upacara bendera hari Jumat bertepatan dengan tanggal 17 Februari 2023 dilaksanakan dengan penuh khidmat oleh seluruh siswa dan guru serta pegawai MTsN 1 Rembang. Hadir dalam upacara tersebut Kepala Puskesmas Lasem, Trianovi Puspasari sebagai pembina upacara sekaligus meninjau keterlaksanaan program madrasah sehat.

Dalam amanatnya, Novi menyampaikan bagaimana upaya menjaga pola hidup sehat pada remaja.

  1. Penuhi gizi seimbang WHO telah mengganti slogan 4 sehat 5 sempurna dengan makanlah dengan menu gizi seimbang. Dalam sekali makan harus memenuhi porsi gizi seimbang yang meliputi 1/3 makanan pokok(nasi,jagung,ketela,roti,dsb),1/3 serat/sayur dan 1/3 lauk pauk dan buah. Hal ini diperlukan untuk memenuhi kalori dari makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, serta nutrisi serat vitamin dan mineral yang cukup untuk kebutuhan tubuh.
  2. Minum tablet tambah darah Terutama pada remaja putri yang kelak akan menjadi calon ibu, remaja putri perlu meminum tablet tambah darah setiap minggu atau setiap hari dalam seminggu saat menstruasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah gejala anemia(lemah,letih,lesu,lalai) yang bisa memicu terjadinya stunting pada bayi yang dilahirkan kelak. Dengan meminum tablet tambah darah berarti ikut mengupayakan kehidupan masa mendatang yang lebih baik.
  3. Pentingnya Minum Air Mineral Konsep pola gizi seimbang sudah menjelaskan pentingnya mencukupi kebutuhan minum air mineral minimal 2 liter, atau lebih kurang 8 gelas per hari. Hal ini untuk membantu memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.
  4. Pola hidup aktif dan berolahraga Pola hidup aktif dilakukan dengan aktivitas fisik. Aktivitas fisik adalah segala macam kegiatan tubuh, termasuk olahraga misalnya bersepeda,bermain kasti,sepak bola dll. Aktivitas fisik merupakan upaya tubuh dalam menyeimbangkan keluar dan masuknya zat gizi, terutama sumber energi utama dalam tubuh. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh, tak terkecuali metabolisme zat gizi. Untuk meningkatkan aktivitas fisik kita dapat menambahkan olah raga setidaknya 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit per sesi. Agar keseimbangan zat gizi dalam tubuh dapat terpelihara, tidak terkena obesitas karena kelebihan kalori juga tidak terlalu kurus karena rendah kalori. Para siswa remaja dihimbau untuk mengecek IMT(indeks massa tubuh) yang ideal antara 18,5-25 yaitu dengan membagi massa tubuh (dalam satuan kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam satuan meter).
  5. Menjauhi NAPZA Narkotika, psikotropika dan zat adiktif sudah banyak dikenal dikalangan remaja. Semua tahu bahwa alkohol hukumnya haram bagi pemeluk agama Islam, maka jangan sampai kita mendekatinya. Para pelajar juga harus menghindari merokok karena dapat merusak organ paru-paru dan dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan kanker.
  6. “Menjaga pola hidup sehat adalah penting untuk kalian karena kalian adalah calon pemimpin masa depan. Pesan beliau menutup amanat upacara bendera hari ini,” kata Novi. — bd/iq/rf