Siswa MIN 1 Rembang Ikuti Pembinaan UKS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 1 Rembang — Dalam rangka mewujudkan kesehatan yang optimal bagi peserta didik, di MIN 1 Rembang melaksanakan kegiatan pembinaan UKS/M di halaman Madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (17/2/2023).

Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi mengatakan, pembinaan dan pengembangan UKS/M adalah sebuah program yang bertujuan membina dan mengembangkan UKS/M guna meningkatkan mutu pendidikan serta prestasi belajar peserta didik. Mutu pendidikan tersebut tercermin dalam perilaku hidup bersih dan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal di lingkungan.

“Pembinaan UKS ini sangat penting karena merupakan langkah pencegahan terhadap penyakit dan menjaga kesehatan siswa,” kata Fahimi.

Di setiap UKS harus mempunyai Trias UKS, yaitu tiga tugas pokok yang wajib dijalankan di setiap sekolah yang memilki UKS/M sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan. Di dalam Trias UKS/M itu sendiri terdapat tiga kegiatan yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah/Madrasah sehat.

“Untuk itu, melalui program Pembinaan UKS/M dibuat kebijakan untuk membangun masyarakat atau peserta didik yang sehat bugar dan produktif dengan menitikberatkan upaya promotif dan preventif,” ujarnya.

Perwakilan Puskesmas Wiwied mengatakan, pembentukan dan pembinaan dokter kecil penting pula agar peserta didik memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

“Peserta didik diharapkan menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya, serta dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat”, ucapnya. — yuni/iq/rf