Komunitas Gereja dan Sekolah Kristen Turut Semarakkan Pawai Sambut Ramadan 1444 H

Lasem — Menyambut bulan Ramadhan 1444 H, SDN 2 Jolotundo Lasem mengadakan pawai TARHIB ROMADHON dengan tema Bhineka Tunggal Ika. Peserta pawai berasal dari santri madrasah diniyyah. Ada pula peserta istimewa, yaitu komunitas agama lain, yaitu gemaah gereja Lasem. Pawai digelar pada Selasa (21/3/2023) mulai pukul 13.00.

Selain menyambut datangnya bulan Ramadan, pawai ini dimaksudkan mengajarkan kepada murid kami tentang sebuah perbedaan dan pentingnya kerukunan antar umat beragama sekaligus kampanye tentang pentingnya toleransi dan atau moderasi beragama.

“Pawai ini kami gelar untuk menyambut Ramadan 1444 H. Kami libatkan para siswa SDN 2 Jolotundo, dan santri siswa Madrasah Diniyyah. Menariknya, jemaah dari Gereja Lasem ikut pawai juga,” kata Muslihatin, panitia pawai yang merupakan guru PAI SDN 2 Jolotundo.

Kemeriahan pawai Ramadan 1444 H ini bertajuk Tarhib Romadlon 1444 H. Peserta pawai dari Gereja Jawa Lasem dan Sekolah Kristen Dorkas Lasem tampak bersemangat mengikuti pawai ini.

Peserta pawai melakukan long march dengan rute lapangan Karang Maling, Desa Mahbang, Pasar Dhuwur, Pom Bensin Jolotundo dan berakhir di halaman SDN 2 Jolotundo. Muslihatin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada peserta pawai, utamanya dari lintas agama. “Pawai Bhinneka Tunggal Ika ini menunjukkan bahwa perbedaan itu indah. Kita saling menghormati sesama kita yang berbeda agama. Bukan sebaliknya, menjadi pemecah kesatuan bangsa. Kita ajarkan nilai-nilai toleransi dan moderasi beragama ini kepada siswa,” pungkas Muslihatin. — mus/iq/rf

Related Posts