Latih Wirausaha, MAN 1 Rembang Gelar Pelatihan Pembuatan Garnis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — MAN 1 Rembang sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang berusaha memberikan berbagai keterampilan peserta didik khususnya dalam hal berwirausaha.

Mata pelajaran (mapel) prakarya dan kewirausahaan (Pkwu) merupakan salah satu pelajaran yang bertujuan menanamkan jiwa, sikap, dan etika wirausaha kepada peserta didik, memberikan bekal pengetahuan tentang kewirausahaan dan memiliki keterampilan tangan untuk modal peserta didik membuka usaha.

Sebagai salah satu materi wirausaha ini, 27 siswa kelas XI MIPA 1 diberikan pelatihan pembuatan garnis pada Senin (10/10/2022). Mereka tampak antusias mengikuti dan langsung mempraktikan keterampilan garnis yang diberikan oleh guru pengampu.

Siti Zuhriyah, mewakili guru pengampu mapel Pkwu kelas XI MAN 1 Rembang mengatakan, tampilan hidangan makanan lebih indah jika diberikan hiasan (garnis).

Menurut Zuhriyah, garnis adalah penghias hidangan yang berupa potongan kecil makanan bagian dari makanan yang ditampilkan sedemikian rupa untuk meningkatkan penampilan makanan yang disajikan.

“Materi garnis pada bab pengolahan makanan kami berikan agar peserta didik mempunyai kreativitas dalam membuat hiasan makanan,” ujarnya.

Zuhriyah menambahkan bahwa bahan-bahan garnis sangat mudah didapatkan di pasar, seperti lobak, wortel, tomat, kacang panjang, timun, selada, dan cabai.

“Semoga setelah lulus, para peserta didik MAN 1 Rembang mampu lebih berinovasi dalam hal penghias makanan (garnis), dan bisa membuka usaha di bidang kuliner,” harapnya.

Menarik

Sementara itu Kepala MAN 1 Rembang, M. Khoiron sangat mengapresiasi dan tertarik untuk melihat hasil garnis buatan peserta didiknya.

“Usaha kuliner yang laris manis tidak hanya dari unsur garnis makanan, tetapi rasa, harga, cara menyajikan, dan kebersihan tempat menjadi faktor penting untuk menarik pelanggan,” sambung Khoiron. –

Kontributor : Sutejo

Editor : Shofatus Shodiqoh