Lestarikan Tradisi, Siswa MTsN 5 Rembang Adakan Ziarah Wali

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Islamic Boarding School Nurul Hikam MTsN 5 Rembang menyelenggarakan ziarah bersama pada Rabu-Kamis (17-18/5). Acara digelar sebagai program tahunan dan menyambut haflah akhirussanah dan pelepasan santri kelas IX.

Ziarah diikuti oleh sejumlah santri dan panitia yang berjumlah 40 orang, dengan rincian 31 santri aktif dan 2 santri alumni pertama. Ketua Panitia, Muhammad Afifuddin mengatakan, ada 6 tempat ziarah ini, yaitu Syaikh Kholil (Bangkalan, Madura), Syaikh Ahmad Rahmatullah (Sunan Ampel, Surabaya), Syaikh Muhammad Ainul Yaqin (Sunan Giri, Gresik), Syaikh Maulana Ishaq (Lamongan), Syaikh Maulana Ibrahim Asmoroqondi (Tuban), dan dipungkasi pada Syaikh Maulana Makdum Ibrahim (Sunan Bonang).

Abdullah Afif selaku pengelola menyatakan dukungan program ziarah ke makam para aulia, ulama, salihin dan leluhur. Berkat adanya program tahunan tersebut, para santri tidak hanya terdidik dalam hal ilmu pengetahuan saja, namun juga ilmu terapan, adab, dan tata krama. “Kami berharap, pertama, para santri senantiasa mengingat kematian dan menyiapkan bekal dengan amal-amal kebajikan. Kedua, senantiasa memberi manfaat dan kebaikan kepada yang diziarahi dengan mengucapkan salam, mendoakannya, dan beristighfar untuknya. Ketiga, senantiasa memberikan penghormatan, ungkapan rasa terima kasih dan balas budi kepada para leluhur, orang tua, masyayikh, asatidz yang telah kembali kehadirat Allah SWT dengan cara mendoakannya,” paparnya.

Penyelenggaraan ziarah ini mendapatkan respon yang sangat luar biasa, baik dari santri, pengelola bahkan wali santri. Antusiasme mereka pun sangat besar dan berharap agar ziarah ini diselenggarakan setiap tahunnya, lebih-lebih bisa sekalian mengajak wali santri.

“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ziarah wali 6 ini anak saya sangat antusias sekali. Setelah 10 hari berkutat dengan assessment madrasah, kegiatan ziarah merupakan angin segar bagi anak kelas IX. Insya Allah anak-anak semakin mengenal dan mencintai para wali Allah dan bisa meneladani akhlakul karimahnya. Harapannya, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan bila memungkinkan diajak serta wali santrinya biar bisa bersama-sama ikut kegiatan ziarah,” ungkap salah seorang wali santri.

“Rasanya terharu pingin nangis, semoga ziarah ini bisa lebih memperkuat iman dan takwa kita terhadap Allah SWT,” ungkap Zahira salah satu santriwati. (Ma/Uza/Hb/iq/rf)