MAN 1 Rembang Gandeng UMK Gelar Pelatihan Puisi dan Podcast

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 1 Rembang — MAN 1 Rembang menggelar Pelatihan Teater, Seni Baca Puisi, Kepewaraan, dan Podcast untuk peserta didik dan guru MAN 1 Rembang pada 22-23 Desember 2022 di Ruang multimedia. Pada kegiatan ini, MAN 1 Rembang menggandeng Universitas Muria Kudus (UMK).

Irfai Fathurohman, Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia (PBSI) UMK mengatakan, tim narasumber pelatihan dari UMK sebanyak 10 orang. Mereka terdiri dari dosen dan mahasiswa Prodi PBSI UMK.

“Kami mewakili tim narasumber pelatihan mengucapkan terimakasih atas sambutan terbaik MAN 1 Rembang, sungguh luar biasa,” jelas Fathurohman dalam sambutan pada pembukaan pelatihan.

Ia menjelaskan, ada 2 hal yang dipelajari dalam pelatihan ini yaitu kegiatan pengembangan bahasa, dan kegiatan pengembangan sastra. Kegiatan pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara MAN 1 Rembang dengan UMK yang telah tertuang dalam kontrak kerjasama (MoU) beberapa bulan yang lalu.

Di akhir sambutannya, Fathurohman memperkenalkan tim narasumber pelatihan dari UMK antara lain Mohammad Kanzunnudin, Ahmad Hariyadi, Agus Darmuki, Nur Alfin Hidayati, dari dosen UMK, sementara Yoga Alfaridzi, Nanda, Ni’am, Nova, dan Eva dari mahasiswa PBSI.

Kepala MAN 1 Rembang, M. Khoiron mengucapkan terimakasih atas kedatangan narasumber pelatihan dari UMK. Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta pelatihan mampu menyerap, mempraktikan, mengembangkan, dan menghasilkan produk.

Menurutnya, seni teater, puisi, dan podcast merupakan suatu karya yang memberikan tuntunan melalui tontonan.

“Selamat datang tim narasumber pelatihan dari UMK yang sudah berkenan hadir di tempat Kami, semoga kegiatan ini bermanfatat dan berkah,” lanjut Khoiron saat memberikan sambutan.

Khoiron menambahkan bahwa jumlah peserta pelatihan terdiri dari 34 peserta didik kelas X, XI, dan XII yang terpilih, serta 10 guru dari rumpun guru Bahasa Indonesia Seni Budaya, dan tim IT MAN 1 Rembang.

Turut hadir dalam acara pembukaan Pelatihan Teater, Seni Baca Puisi, Kepewaraan, dan Podcast antara lain peserta pelatihan, tim narasumber, Kepala dan wakil kepala MAN 1 Rembang. — tejo/iq/rf