Hari Kedua Pelatihan, Narsum Ajak Peserta Praktik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MAN 1 Rembang — Tim narasumber Pelatihan Teater, Seni Baca Puisi, Kepewaraan, dan Podcast mengajak peserta pelatihan untuk mempraktikan materi yang telah diterima di hari yang pertama. Hari pertama, peserta menerima 5 materi yaitu materi teater, materi kepewaraan, materi pendalaman karakter, materi seni baca puisi, dan materi tentang podcast.

Tiga puluh empat peserta didik dan 10 guru yang mengikuti pelatihan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok teater dan seni baca puisi, kelompok kepewaraan, dan kelompok podcast.

Dua puluh peserta dan 6 guru yang masuk dalam kelompok teater dan seni baca puisi menerima materi pelatihan dari Mohammad Kanzunnudin dan Ahmad Hariyadi.

Mohammad Kanzunnudin menyampaikan materi tentang teater, potensi vokal, teori linguistik bahasa, dan paralinguistik, sedangkan Ahmad Hariyadi menyampaikan materi tentang pendalaman karakter tokoh pada seni teater.

Untuk kelompok kepewaraan terdiri atas 5 peserta didik dan 2 guru, Agus Darmuki menyampaikan materi tentang penyusunan teks acara, mimik wajah seorang pembawa acara, intonasi suara, gerak tubuh, dan publik speaking.

Adapun materi pelatihan untuk kelompok podcast yang diikuti oleh 9 peserta didik dan 2 guru disampaikan oleh Irfai Fathurohman dan Yoga Alfaridzi.

Irfai Fathurohman memaparkan pengenalan dan optimalisasi podcast di era digital, dan materi penyusunan naskah podcast. Adapun Yoga Alfaridzi memperkenalkan peralatan podcast, fungsi alat, serta teknis rekaman studio podcast.

Kepala MAN 1 Rembang, M. Khoiron sangat berterimakasih kepada tim narasumber yang telah berkenan berbagi ilmu dengan peserta pelatihan selama 2 hari (22-23/12).

“Semoga ilmu yang disampaikan narasumber menjadi ilmu yang bermanfaat dan kerjasama antara MAN 1 Rembang dengan Universitas Muria Kudus (UMK) bisa lebih ditingkatkan lagi,” jelas Khoiron pada tim humas MAN 1 Rembang pada Jum’at (23/12) di ruang kerjanya.

Qatrunnada Nisrina Indari (XI MIPA 1 ) mewakili peserta pelatihan khususnya kelompok podcast mengatakan bahwa materi pelatihan yang diberikan narasumber pelatihan sangat mudah dipahami.

Menurutnya, melalui pelatihan ini, MAN 1 Rembang bisa memproduksi sebuah karya seni baik itu berupa teater, puisi, ataupun video pembelajaran podcast yang menarik, bersaing, dan bermanfaat.

“Setelah pelatihan ini, saya berharap MAN 1 Rembang bisa melengkapi ruang multimedia sehingga bisa menjadi studio podcast, dan saya siap menjadi podcaster perdana,” terang Nada, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Rizki Bagas Irfanata (XI MIPA 1) menuturkan bahwa melalui pelatihan ini, dia berharap ke depan dia bisa menjadi pembawa acara (pewacara) profesional.

“Alhamdulillah, dapat ilmu dan pengalaman yang luar biasa,”tuturnya.

Di akhir pelatihan, seluruh peserta pelatihan baik siswa-siswi dan guru , tim narasumber UMK, serta kepala dan wakil kepala MAN 1 Rembang saling mengucapkan salam perpisahan dan foto bersama. — tejo/iq/rf