MAN 1 Rembang Lantik Penegak Laksana dan Bantara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang–Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang melantik pramuka penegak laksana dan pramuka penegak bantara di Bukit Cendana, Desa Candimulyo, Kecamatan Sedan. Acara tersebut dilaksanakan pada 7-8 Oktober 2022.

Pembina gugus depan (Gudep) 10.130 dan 10.131 Jenderal Soedirman dan Dewi Sartika gerakan pramuka yang berpangkalan di MAN 1 Rembang, Kak Khawil Ma’ali dan Kak Sri Hariningsih menjelaskan bahwa kegiatan pelantikan baik pelantikan bantara dan laksana merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Menurut Kak Khawil, anggota pramuka penegak adalah anggota yang berusia 16-20 tahun.

Dalam pramuka penegak ada dua tingkatan yaitu penegak bantara dan penegak laksana.Sementara itu, Kak Sri Hariningsih mengungkapkan, anggota bisa dilantik dan dikukuhkan jika anggota telah menyelesaikan syarat Tanda Kecapakan Umum (TKU) pramuka penegak bantara sehingga berhak mendapatkan Syarat Ketentuan Umum (SKU) sebagai laksana.”Dengan berjalan kaki, semua peserta kami berangkatkan pukul 15.00 WIB dari Desa Bangunrejo, Kecamatan Pamotan dan berakhir di Bukit Cendana Desa Candimulyo, Kecamatan Sedan pukul 18.00 WIB,” sambung Kak Khawil.

Masih menurut Kak Khawil, kegiatan ini tidak semata-mata hanya sekedar pelantikan, akan tetapi memberikan pengalaman kepada para peserta untuk peduli sosial dan peduli alam.”Selama 2 hari, para peserta kami ajak untuk peduli alam sekaligus peduli sosial dengan melakukan kegiatan bersih lingkungan wisata Bukit Cendana dari berbagai sampah,” pungkas Kak Khawil.

Upacara pelantikan serta penyematan bet laksana dan bantara oleh Kepala gugus depan (Ka gudep) yang diwakili oleh pembina gudep menjadi akhir dari kegiatan ini.Adapun peserta yang dilantik terdiri atas 11 pramuka penegak laksana dan 6 pramuka penegak bantara.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain pengurus Kwarcab dan Kwaran Rembang serta para alumni pramuka penegak laksana MAN 1 Rembang. –tejo/iq/bd