MAN 2 Rembang Gelar IHT Penilaian Pembelajaran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang (Humas) – Bertempat di laboratorium komputer, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Rembang menggelar kegiatan In House Training (IHT) pada Sabtu, (23/9/2023).

IHT ini diikuti diinisiasi oleh tim kurikulum dan diikuti seluruh guru MAN 2 Rembang. Dalam In House Training ini dibahas mengenai penilaian pembelajaran dan persiapan Asesmen Sumatif Tengah Semester yang akan dilaksanakan pada awal Oktober.

Kepala MAN 2 Rembang, Kasnawi saat memberikan sambutan berharap agar para guru bisa memanfaatkan aplikasi penilaian digital. Menurutnya, Menteri Agama RI mengingatkan supaya madrasah bisa terus berkembang.

“Untuk bisa menjadi madrasah unggul dibutuhkan teamwork, kurikulum dan lain sebagainya agar saling mendukung. Misalnya kerjasama dengan LPK. Hal ini untuk menambah wawasan dan pengembangan teknologi,” jelasnya.

Wakil kepala madrasah bidang kurikulum, Yadhi Nur Amin bertindak selaku pemateri menjelaskan mengenai proses penilaian pembelajaran. Ia menjelaskan beberapa teknik penilaian dengan berbasis aplikasi.

Berdasarkan kesepakatan, maka kegiatan ASTS menggunakan aplikasi Exambro. Setiap guru mapel membuat soal pada googleform yang nantinya akan dibuat barcode oleh panitia.

“Untuk jenis soalnya bisa essay, pilihan ganda maupun campuran. Bapak ibu juga bisa bervariasi dengan menggunakan jenis soal lain seperti menjodohkan. Hal ini agar anak terbiasa dengan berbagai jenis soal terutama bagi kelas XII,” ujar Yadhi.

Pada kesempatan tersebut juga dibahas mengenai penilaian P5-P2RA yang mana pada semester gasal ini akan membuat dua tema untuk masing-masing kelas X dan XI.

Nantinya yang berhak memberikan nilai adalah fasilitator utama yang mempunyai jam di kelas dibantu dengan fasilitator pendamping.yang didalam raport P5-P2RA memuat nilai sikap dan keterampilan. (huda/iq/rk)