Manfaatkan Liburan, Guru MTsN 3 Rembang IKuti BImtek EDM dan e-RKAM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang, Sulang _ Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang mengisi masa liburan dengan mengikuti Penguatan dan Pendampingan Pasca Bimtek EDM ERKAM di MTs Negeri 3 Rembang pada Jum’at (7/7/2023).

Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang berupaya mengejar ketertinggalan dengan sekolah umum terkait program pembelajaran maupun program kemadrasahan.  Maka salah satu target dari madrasah adalah seluruh guru mampu terlibat dalam penyusunan EDM dan eRKAM pada tahun depan.

Kegiatan ini melibatkan narasumber Chaizatul Chasanah, Kantor Kementerian Agama Rembang. Pada bimtek kali ini hampir seluruh dewan guru datang dan dengan seksama mendengarkan serta merangkum materi yang di sampaikan oleh nara sumber.

Masrum selaku Kepala Madrasah dalam sambutan awal menyampaikan, sudah suatu kebutuhan madrasah harus selalu berinovasi dan selalu mengikuti perkembangan administrasi termasuk EDM dan Erkam.  “Guru dan tenaga kependidikan Madrasah ini harus mampu berinovasi dan mengikuti perkembangan yang terjadi, baik perkembangan proses KBM maupun perkembangan administrasi kemadrsahan, di antaranyaEDM dan ERKAM,” kata Masrum.

“Saya sangat berharap seluruh guru pada umumnya dan TIM EDM pada khususnya mampu menyerap seluruh materi yang disampaikan dan nantinya mampu mengaplikasikan serta mengerjakan EDM secara benar,” tuturnya.

Chaiza mengatakan, madrasah yang bagus harus mempunyai tiga kunci yaitu, SDM yang berkualitas, Kurikulum yang bagus dan Sarana prasarana yang mendukung terlaksananya proses KBM.  “Untuk membangun sebuah madrasah yang bagus dan professional, maka madrasah hatus mempunyai tiga buah kunci yang harus d pegang yakni yang pertama SDM atau guru yang berkualitas dan professional. Jangan sampai guru datang ke Madarsah hanya datang jam tujuh, mengajar dan pulang jam satu,” katanya.

“ Yang kedua adalah kurikulum dan model pembelajaran yang bagus, sehingga orang tua sebelum memasukkan putra putrinya mereka sudah paham terkait apa saja yang akan diperoleh anaknya apabila di sekolahkan di madrasah ini. Orang tua juga  mengetahui proses KBM yang di laksanakan di madrasah ini.  Adapun yang ketiga dari kunci keberhasilan tersebut adalah sarana dan prasarana yang memadai dan mampu menunjang proses KBM siswa. Jangan sampai SDM dan kurikulum sudah bagus akan tetapi terhambat hanya karena sarpras yang tidak ada,” terangnya. — burhan/iq/rf