Menag Buka Pospenas IX, Minta Doa Peserta untuk Korban Gempa Cianjur

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Rembang)– Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat nasional (Pospenas) IX telah dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas pada Rabu malam (23/11/2022) di stadion Manahan, Kota Surakarta.

Pembukaan ditandai oleh pemukulan kentongan disaksikan oleh beberapa pejabat, antara lain Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming dan  Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, M. Ali Ramdhani, serta ribuan peserta pembukaan yang hadir di stadion.

Dalam sambutannya, Gusmen mengajak semua peserta untuk menjunjung tinggi suportivitas. “Kejujuran itu yang penting diajarkan oleh para kyai,” tuturnya.

Pospenas IX tahun 2022 ini mengusung tema Gerak Santri Bangkit Negeri. Menurut Gusmen, tema ini sangat selaras dengan upaya pemerintah untuk bangkit dari pandemi.  “Saya ajak kalian semua untuk berkontribusi dan bergerak bersama untuk kebangkitan negeri,” pesan Gus Men. 

Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani dalam laporannya menyampaikan ajang Pospenas ke IX ini diikuti 2.867 peserta dari perwakilan pondok pesantren se Indonesia. 

Pospenas IX yang digelar di Kota Surakarta, Jawa Tengah, akan berlangsung 23 hingga 27 November 2022. 

Doa untuk Cianjur

Dalam kesempatan pembukaan Pospenas IX ini, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengajak puluhan ribu santri yang memadati Stadion Manahan Solo mendoakan korban terdampak gempa Cianjur dan membaca surat Al Fatihah.

“Hari ini di tengah kegembiraan kita di pembukaan Pospenas, saudara kita di Cianjur tengah dilanda duka. Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua untuk melangitkan doa, semoga yang meninggal khusnul khatimah dan yang luka segera disembuhkan. Al-Fatihah,” ucap Menag.

Turut hadir dalam pembukaan ini, Kakanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia, serta Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani beserta jajarannya, dan Kakankemenag Kab/kota se-Jawa Tengah.

Kakankemenag Kabupaten Rembang, H. M. Fatah hadir bersama Kasi PD Pontren Kemenag Rembang, Hanik Khuriana dan Humas Shofatus Shodiqoh– iq/rf