MTs Miftahul Ulum Gelar Persami Latih Jiwa Sosial

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang,– Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Ulum Krikilan Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu – Minggu (Persami), 21-22 Agustus 2022 di lapangan madrasah setempat.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 80 siswa pramuka penggalang. Ketua Gudep sekolah setempat, Arischa Yulia Legawati mengatakan kegiatan ini bertujuan guna melatih jiwa pramuka pada anak-anak. Rischa berharap para murid dapat lebih percaya diri dan berani.

“Persami dan baksos sudah bagus dan tertib. Anak-anak juga sudah terkondisikan. Tujuannya agar bisa saling berbagi dan bekerjasama satu sama lain,” kata Kak Rischa, sapaan Arischa Yulia.

Kegiatan Persami diisi berbagai macam sesi. Di antaranya, permainan, api unggun, pentas seni hingga bakti social.

Rischa mengatakan, pPermainan jelajah bertujuan untuk mengenal lingkungan sekitar sekaligus mengasah kemampuan siswa karena di setiap pos terdapat tes atau tantangan yang harus diselesaikan

Sementara pada api unggun yang digelar pada malam hari, dimeriahkan oleh penampilan seni dari anggota pramuka. Upacara api unggun dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Berbagai pentas seni antara lain mendongeng, puisi, menari, dan lain-lain.

Pada akhir pentas seni, peserta pramuka bersama-sama menonton film “Hasduk Berpola”. Dari film ini, semua peserta diminta untuk meresum dan mencatat apa yang bisa dipetik dari film tersebut. “Usai nonton bareng peserta diarahkan ke tenda masing-masing untuk istirahat. Sekira pukul 03.00 WIB peserta diajak melaksanakan salat Tahajud,” kata Rischa.

Kemah ini juga mendidik anggota pramuka untuk berjiwa social. Sebanyak 78 paket sembaki dibagikan kepada warga kurang mampu. “Dari ini, anak-anak belajar untuk berbagi dengan saudara yang membutuhkan dan melatih kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitar,” ujar Rischa. (kontri/iq/rf)