MTsN 1 Rembang Buka Kelas Unggulan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — MTsN 1 Rembang menyelenggarakan seleksi kelas unggulan pada Kamis (15/06/2023). Suasana ramai mulai terlihat sejak pagi di MTsN 1 Rembang, peserta didik baru calon kelas 7 didampingi oleh orangtua/wali mulai memasuki madrasah sekitar pukul 07.00. Mereka terlihat bersemangat dan antusias untuk mengikuti tes seleksi kelas unggulan.

Seleksi kelas unggulan tahun ini ada tiga kelas yaitu kelas Tahfidz, kelas Sains, dan kelas Bilingual. Kelas Tahfidz dikhususkan untuk peserta didik yang berkeinginan melanjutkan/menghafal Al Qur’an sebagai tambahan belajarnya.

Kelas sains di bagi menjadi tiga mata pelajaran tambahan pilihan yaitu IPA, IPS, dan Matematika. Sedangkan kelas Bilingual diperuntukkan bagi peserta didik yang berminat untuk mendalami mapel Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Seleksi dilaksanakan serempak dengan menempati ruang yang berbeda untuk setiap seleksi kelas unggulan. Seleksi yang diberikan kepada peserta didik berbeda-beda untuk setiap kelas unggulan, ada yang tes tertulis dan ada yang tes lisan. Dilanjutkam dengan psikotes untuk seleksi semua kelas unggulan.

Sebanyak 84 peserta didik baru mengikuti seleksi kelas unggulan ini, “Dengan diadakannya seleksi kelas unggulan ini yaitu kelas Tahfidz, Sains, dan Bilingual diharapkan akan memperoleh bibit unggul untuk setiap kelasnya sehingga kedepannya akan lebih beprestasi,” ungkap Suhadak selaku kepala MTsN 1 Rembang.

Program Kelas Unggulan merupakan gebarakan baru dari kepala MTsN 1 Rembang. Tujuannya adalah untuk mencari bibit-bibit unggul yang akan dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan/olympiade.

“Pengelompokan kelas ini tidak berarti membatasi kesempatan partisipasi peserta didik dalam kegiatan apapun. Mereka tetap belajar sebagaimana kelas regular dan kelas regular pun tetap memiliki kesempatan untuk mengikuti olympiade ataupun kejuaraan lainnya,” kata Suhadak. (Farida/iq/rf)