MTsN 1 Rembang Gelar Nuzulul Qur’an, Hadirkan Gus Adib

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 1 Rembang — MTsN 1 Rembang menggelar peringatan Nuzulul Qur’an pada Sabtu (8/4/2023). Kegiatan ini diadakan di halaman madrasah dengan mengundang pembicara KH Bisri Adib Hattani dan Ponpes Roudlotut Tholibin Leteh, Rembang.

Marhaban Ya Ramadhan, dalam bulan ramadhan ada salah satu peristiwa istimewa yaitu turunnya Al Qur’an yang disebut juga dengan Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur’an adalah malam diturunkannya¬†Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Pertama kali diturunkannya wahyu Allah SWT berupa Al Qur’an yaitu surah Al-Alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi di Gua Hiro (Mekah) pada malam ke-17 Ramadhan.

Dengan tema Ramadhan Berbagi, Ramadhan Bahagia, Ramadhan Berkah, kegiatan Nuzulul Qur’an diawali dengan Khotmil Qur’an oleh seluruh civitas MTsN 1 Rembang. Diadakan pula pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang juga merupakan peserta didik MTsN 1 Rembang. Selanjutnya acara inti dari kegiatan Nuzulul Qur’an adalah “ngaji” bersama KH. Bisri Adib Hattani.

Setelah acara peringatan Nuzulul Qur’an kegiatan dilanjutkan dengam pembagian Takjil Zakat Fitrah yang berasal dari peserta didik MTsN 1 Rembang disalurkan kepada peserta didik dan masyarakat di sekitar madrasah yang berhak mendapatkan zakat fitrah. Sore hari kegiatan masih berlanjut dengan pembagian takjil kepada pengendara yang melewati jalan di depan MTsN 1 Rembang.

Sebagai penutup serangkaian acara adalah buka bersama bapak/ibu guru dan karyawan yang dilanjutkan dengan sholat terawih berjamaah.

Kepala MTsN 1 Rembang, Ahmad Suhadak Sholikin mengatakan, kegiatan ini untuk membangun kebersamaan, meningkatkan ibadah sosial, dan menjiwani makna Alqur’an sebagai pedoman hidup umat Islam. “Kami libatkan seluruh siswa dan guru agar momentum Nuzulul Qur’an ini benar-benar dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Suhadak. — bd/iq/rf