MTsN 1 Rembang Terapkan Ulangan Harian dengan CBT

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 1 Rembang – Kamis (19/1), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Rembang melakukan terobosan baru lagi dengan melaksanakan Ulangan Harian Berbasis Komputer atau Computer Based Test (CBT).

Pelaksanaan ulangan harian dengan menggunakan sistem CBT tersebut dilaksanakan sebagai langkah untuk mempermudah dewan guru dan siswa agar lebih efisien.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Sudaryo, mengatakan, evaluasi memang banyak cara untuk dilakukan, salah satunya dengan CBT. kini kami dapat mengevaluasi memang banyak perubahan pada anak didik, mereka terlihat lebih enjoy, sementara untuk penggunaan laptop/PC mereka sudah terbiasa.

Budi Utomo, sekaligus Proktor Utama MTsN 1 Rembang mengungkapkan tujuan diadakannya Ulangan Harian Berbasis Komputer ini tidak lain dan tidak bukan untuk menyikapi fenomena kemajuan teknologi yang cepat dan dapat memberikan dampak besar terhadap berbagai aspek. Namun juga meningkatkan kualitas, mutu, fleksibilitas dan kehandalan siswa dalam memanfaatkan perkembangan teknologi secara positif serta memberi semangat baru bagi siswa.

Khansa Aasilah siswi kelas VIII A mengatakan, ulangan menggunakan komputer atau laptop sangatlah baik, dapat menghemat kertas dan dapat terhindar dari sampah sehingga lingkungan madrasah terlihat bersih. Disisi lain dia menyebutkan, “menjawab soal juga nyaman, kita dimudahkan dengan fitur aplikasi CBT dengan memilih jawaban tinggal ngeklik salah satu jawaban yang benar,” ujarnya.

Adapun pelaksanaan Ulangan Harian Berbasis Komputer dimulai pada hari ini dengan mata pelajaran Bahasa Inggris yang dilaksanakan kelas VIII A. — bd/iq/rf