MTsN 2 Rembang Gelar Verifikasi Assesmen Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembang — Tahun pelajaran 2022/2023, MTs Negeri 2 Rembang bersiap untuk menyelenggarakan Asesmen Madrasah (AM) untuk siswa kelas akhir atau kelas IX. Sebagai bagian dari persiapan jelang AM, dewan guru MTs Negeri 2 Rembang telah menyiapkan naskah soal AM.

Untuk mematangkan persiapan Assesmen Madrasah, MTs Negeri 2 Rembang menggelar verifikasi soal AM pada Sabtu (15/4/2023). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Digital dari jam 08.30 WIB hingga selesai. Jumlah guru yang tergabung dalam tim pembuat naskah soal AM ada sebanyak 15 orang dengan didampingi oleh Waka Kurikulum, Henry Retno Timur.

Verifikator soal berasal dari pengawas madrasah, Agung Suharto. Kepala MTs Negeri 2 Rembang Muhammad Yunus Anis, juga turut serta sebagai verifikator soal. “Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, naskah soal assesmen madrasah sudah selesai di verifikasi oleh pengawas,” ujar Henry Retno Timur.

Henry juga menjelaskan bahwa Pengawas secara detail memeriksa soal untuk memastikan bahwa semua soal yang dibuat oleh tim penyusun sudah sesuai dengan standar dan pedoman yang telah ditetapkan. Setelah dilakukan verifikasi, pengawas memberikan persetujuannya bahwa soal asesmen madrasah di MTs Negeri 2 Rembang telah sesuai dengan standar dan pedoman yang telah ditetapkan. “Hanya ada beberapa yang perlu dilakukan perbaikan. Setelah diperbaiki, maka naskah soal AM bisa siap digunakan pada 8 Mei 2023 mendatang,” tambahnya.

Di akhir kegiatan verifikasi dilanjutkan pembinaan oleh Pengawas Madrasah kepada seluruh guru MTs Negeri 2 Rembang. Kepala Madrasah mengapresiasi kerja keras pengawas dalam melakukan verifikasi terhadap soal AM, serta mengucapkan terima kasih kepada guru tim pembuat naskah soal AM sebagai ujian akhir sebelum peserta didik lulus dari MTs Negeri 2 Rembang.

Dalam pembinaannya, Agung Suharto menjelaskan bahwa Asesmen Madrasah merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Peserta Asesmen Madrasah adalah peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah. Dengan adanya verifikasi soal AM, diharapkan pelaksanaan AM di MTs Negeri 2 Rembang dapat berjalan lancar dan sesuai dengan standar yang diharapkan. (Wient/iq/rf)