MTsN 2 Rembang Ikutkan 29 Penggalang dalam Verifikasi dan Pengukuhan Pramuka Garuda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembng – Sebanyak 29 Pramuka Penggalang yang terdiri dari 5 Penggalang Putra dan 24 Penggalang Putri dari Gugus Depan 070/071 MTs Negeri 2 Rembang diikutkan dalam verifikasi dan Pengukuhan Pramuka Garuda Tahap I yang di selenggarakan oleh Kwartir Cabang Rembang, Sabtu (27/5/2023).

Kegiatan yang dipusatkan di Kwartir Ranting Pamotan juga diikuti oleh beberapa Gugus Depan dari Kwaran Sedan, Sale, Pancur dan Sluke. Keseluruhan peserta Penggalang harus mengikuti proses verifikasi kecakapan dalam kepramukaan yang dibagi dalam beberapa tahap. Sebelumnya melalui Gugus Depan, Pembina Pramuka MTs Negeri 2 Rembang telah melaksanakan seleksi kecakapan yang mengacu pada persyaratan Pramuka Garuda.

Seperti disampaikan Kak Mundiroh selaku Pembina Pramuka di MTs Negeri 2 Rembang, selain diberi pelatihan khusus selama kegiatan latihan Pramuka, pihaknya juga melibatkan beberapa guru yang sesuai dengan bidang keahliannya. Untuk memberikan materi ketrampilan kecakapan sekaligus juga menguji Pramuka Penggalang dalam melaksanakan seleksi.

“Dari hasil seleksi tersebut, sebanyak 29 yang lolos seleksi untuk maju dalam Verifikasi Pramuka Garuda. Mereka selanjutnya harus menyiapkan persyaratan administrasi untuk diajukan dalam verifikasi ini,” Jelas Mundiroh.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Rembang sekaligus Kamabigus, Muhammad Yunus Anis mengatakan, dengan adanya Pramuka Garuda Penggalang di Gugus Depan MTs Negeri 2 Rembang diharapkan adik-adik Penggalang yang lolos dapat mengimplementasikan dan bermanfaat untuk dirinya sendiri, keluarga, teman-teman, lingkungan serta bangsa dan negara.

Menurutnya, Pramuka Garuda sebagai Pramuka tertinggi di tingkat Penggalang akan menumbuhkan rasa bangga bagi seorang pramuka yang bisa lolos sebagai Pramuka Garuda karena tidak semua Adik-adik di Penggalang dapat melewati ujian Pramuka Garuda.

“Melalui verifikasi ini, adik-adik calon Pramuka Garuda akan dinilai kecakapannya dalam Pramuka, termasuk juga dinilai dalam keimanan dan ketaqwaannya sebagai seorang Pramuka,” kata Yunus Anis. (Wient/iq/rf)