MTsN 2 Sragen Kucurkan Hadiah Kepada Siswa Peraih Medali Porseni Tingkat Provinsi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Siswa MTs Negeri 2 Sragen kembali menorehkan prestasi. Kali ini Meisa Listyana Wijayanti berhasil meraih juara 2 lomba Stand Up Comedy pada ajang bergengsi PORSENI MTs 2023 tingkat Provinsi pada Rabu, (17/05/2023).

PORSENI Jenjang MTs tingkat Jawa Tengah adalah kegiatan rutin 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik Madrasah Tsanawiyah se-Jawa Tengah. Mengusung tema “Menjalin Silaturahmi, Solidaritas, Kreativitas dan Sportivitas Peserta Didik dalam Mewujudkan Madrasah Mandiri dan Berprestasi”, PORSENI MTs 2023 ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 15 s.d. 17 Mei 2023 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Terdapat dua cabang yang dilombakan dalam PORSENI, yaitu cabang olahraga dan seni. Cabang olahraga meliputi voli, futsal, bulu tangkis, tenis meja dan atletik. Sedangkan cabang seni meliputi MTQ, tahfidz, pidato Bahasa Arab, story telling, madrasah singer, dan stand up comedy. Meisa Listyana Wijayanti mengawali kompetisi cabang lomba stand up comedy ini dari seleksi tingkat Kabupaten pada 20 Maret 2023. Meisa menjadi juara 1 tingkat Kabupaten Sragen dan berhak melaju ke grand final di Magelang. Nasib baik berpihak pada Meisa, sapaan akrabnya. Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya Meisa berhasil menyabet juara 2 mengalahkan 34 rivalnya. Selain kebanggaan sebagai juara, Meisa Listyana Wijayanti pulang dengan membawa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Hal yang tak terbayangkan sebelumnya. Meisa mengaku tidak berekspektasi membawa pulang piala. “Awalnya saya tidak berharap lebih. Yang penting maju berusaha dulu. Alhamdulillah, bonusnya bisa membawa pulang piala”, kata Meisa. Di mata guru pembimbingnya, Suwondo, S.Pd, Meisa Listyana Wijayanti adalah siswa yang berpotensi. Suwondo merasa sangat bangga dengan siswa bimbingannya ini. “Meisa adalah siswa yang berpotensi, hanya saja dia belum menyadari potensi yang dimiliki. Saya sangat bangga dan terharu dengan pencapaian Meisa. Selain materi yang dibawakan bagus, Meisa ini didukung dengan gestur dan ekspresi yang mampu mengundang gelak tawa para juri,” ucap Suwondo.

Ketika ditanya mengenai kiat-kiatnya ketika menghadapi Grand Final, siswa kelas IX yang kesehariannya selalu ceria ini mengaku lebih banyak meluangkan waktu untuk berlatih membawakan materi stand up setelah ia menyelesaikan ujian madrasah. “Saya menambah intensitas latihan. Seringkali ketika saya berlatih, saya merekamnya untuk bahan evaluasi. Selain itu, saya sering menonton video stand up Cak Lontong untuk mencari inspirasi,” papar Meisa.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Sragen, Drs. H.M. Aris Suparlan, M.Pd menyambut gembira kemenangan siswanya. Aris mengatakan bahwa dengan keberhasilan Meisa Lisytana Wijayanti menjadi tonggak kesuksesan madrasah serta menjadi motivasi bagi keluarga besar MTsN 2 Sragen untuk lebih bersungguh-sungguh dalam ikhtiar menuju madrasah yang best of the best.

“Saya bangga dengan keberhasilan Meisa. Ini merupakan bentuk ikhtiar keluarga besar MTsN 2 Sragen untuk menjadi madrasah yang best of the best. Besar harapan saya pada adik-adik kelasnya agar mengikuti jejak Meisa sehingga lebih semangat untuk berprestasi,” kata Aris.

Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi, MTsN 2 Sragen memberikan hadiah tambahan kepada Meisa. Semoga prestasi ini mampu memotivasi siswa lain untuk semangat dalam mengukir prestasi di masa mendatang dan mengharumkan nama madrasah.(Zhr/Sua)