MTsN 4 Demak Sukses Laksanakan USKA PPG Madrasah 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – MTsN 4 Demak telah sukses melaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru madrasah, Sabtu (25/03).

USKA PPG Madrasah merupakan program pelatihan guru profesional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru di Madrasah, khususnya dalam mengajar dan mendidik.

H. Ali Murtandlo, selaku Kepala Madrasah menyambut baik kegiatan tersebut dan menyampaikan apresiasinya kepada Kantor Kemenag Demak dan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah atas ditunjuknya MTsN 4 Demak sebagai salah satu Tempat Uji Kompetensi (TUK).

“Terima kasih atas amanah dan tanggungjawab yang besar ini. Kami berharap dapat memberikan pelayanan terbaik dalam menyambut peserta USKA PPG Madrasah, sehingga peserta dapat mengerjakan tes dengan nyaman dan mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan,” ucapnya.

Ia juga memastikan bahwa MTsN 4 memberikan pelayanan prima pada kegiatan USKA PPG madrasah tahun 2023, guna mengukur kemampuan guru dalam bidang keahlian yang mereka ajarkan.

Pada kesempatan ini hadir Kasubbag TU Kemenag Demak, H. Nur Fauzi, untuk memonitoring kegiatan ini. “Alhamdulillah pelaksanaan USKA PPG ini berjalan lancar, semoga sampai sesi terakhir semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan lancar. Saya juga berterima kasih kepada MTsN 4 Demak karena telah memfasilitasi saran prasarana untuk suksesnya pelaksaan USKA,”

Kegiatan USKA PPG diikuti 153 guru dari total 1.178 peserta yang berada di Kabupaten Demak. Adapun pelaksanaannya berlangsung selama dua hari pada tanggal 25-26 Maret dan berlangsung tiga sesi.

Antusiasisme peserta tampak dari keseriusan mereka dalam mengikuti ujian seleksi ini. Ruangan komputer yang memadai membuat peserta semakin nyaman dalam mengikuti USKA ini. Lebih-lebih kegiatan ini didampingi oleh proktor yang profesional dan ramah yang menjadikan pelaksanaan kegiatan berjalan lancar.

Sebagai tambahan informasi, selain MTsN 4, terdapat 6 madrasah lainnya yang ditunjuk menjadi tempat ujian, yaitu: MTs Miftahul Ulum, MAN Demak, MTsN 1 Demak, MTsN 3 Demak, MTsN 5 Demak, dan MTs NU Raudlatul Muallimin.

Para peserta tes mengaku bahwa ujian kali ini cukup menantang dan memerlukan persiapan yang matang. Namun, mereka juga menyambut baik adanya tes ini sebagai upaya untuk meningkatkan potensi diri pada program PPG serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Hasil dari tes USKA Guru diharapkan akan segera diumumkan oleh Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Tengah. Para guru yang berhasil lulus tes akan mengikuti program PPG dan menjadi bagian dari kelompok guru profesional yang dapat memberikan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi para siswa di Indonesia.(msr/rf)