MTsN 5 Rembang Adakan Asesmen Program Kelas Bilinggual

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTsN 5 Rembang — Program kelas Bilingual MTsN 5 Rembang menyelenggarakan Assesment mandiri berbasis Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Program ini khusus bagi peserta didik yang memilih program kelas Bilingual, yang berjumlah 150 peserta didik. Pelaksanaan Asesmen dilaksanakan mulai Senin (22/05) sampai dengan Sabtu (27/05).

Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin pengelola program kelas Bilingual, yang bertujuan untuk menilai kompetensi siswa dalam bidang Bahasa. Plt MTsN 5 Rembang Asyrofi mengatakan, sampai hari kedua, Selasa (23/05) ini, PAT berjalan dengan tertib dan lancar. Semua siswa kelas 7 A,B dan 8 A,B hadir mengikuti ujian tersebut.
“Mohon doanya, semoga PAT yang dilaksanakan sebelum PAT kelas reguler semakin meningkatkan kemampuan siswa kelas bilingual dalam berbahasa arab dan Inggris,” harap Asyrofi

Assesmen mandiri berbasis Bahasa inggris dan Bahasa arab dilaksanakan dengan secara digital. Peserta didik menggunakan android dalam mengerjakan soal yang berbentuk tes tulis. Jadi dengan menggunakan sistem Android itu lebih memudahkan guru dalam pengolahan nilai serta pembuatan raport yang secara digital.

Menurut Achmad Sholeh, selaku Ketua Program Kelas Bilingual, madrasah harus meningkatkan potensi peserta didik secara kuantitatif dan kualitatif supaya ketergantungan akan sumber informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi dari luar semakin berkurang.

“Untuk menjembatani interaksi dan komunikasi lintas bahasa dan budaya, penguasaan bahasa asing hususnya bahasa Inggris menjadi suatu kebutuhan utama. Kelas bilingual ini untuk membangun mental siswa agar bisa bertahan dan bersaing di era globalisasi ini. Oleh karenanya, siswa MTsN 5 Rembang harus mampu sekurang-kurangnya menguasai satu bahasa asing seperti Inggris, Arab dan Perancis, atau satu bahasa asing lainnya yang ada di Asia. Seperti bahasa Mandarin atau Jepang. Namun Bahasa Indonesia dan bahasa daerah tetap harus dijaga,” paranya. (Ag/Ba/Hb/iq/rf)