Optimalkan Layanan Masyarakat, KUA Sulang Segera Bangun Gedung Baru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Gedung KUA Sulang lama yang telah dirobohkan karena rusak.
Gedung KUA Sulang yang menyewa salah satu rumah warga.

– Tya, salah satu pegawai pramubakti KUA Sulang sibuk menyiapkan data-data akta ikrar wakaf untuk diurus lebih lanjut mendapatkat sertifikat tanah wakaf. Sementara Masyithotul Munawaroh sibuk menyiapkan data-data calon pengantin yang sudah mendaftarkan nikah dalam waktu dekat.

Demikian pula, semua pegawai dan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sulang sibuk mengerjakan tugasnya masing-masing. Namun sayangnya, bangunan itu masih terkesan sempit, namun terlihat rapi dan bersih.

Ternyata, pelayanan KUA Sulang ini menempati salah satu rumah warga Sulang yang kebetulan merupakan pensiunan Penyuluh Agama Islam PNS KUA Sulang. “Gedung lama Sudah rusak dan tidak layak ditempati. Maka dua tahun terakhir ini, sejak Januari 2021 kami menyewa rumah Pak Mahfut, warga Sulang yang kebetulan merupakan PAIF yang telah pensiun,” ungkap Kepala KUA Sulang, Suyatman ketika diwawancara Rabu (18/1/2023).

Demi meningkatkan pelayanan kepada msayarakat, Kemenag Rembang telah mengusulkan pembangunan balai nikah dan manasik haji KUA Sulang dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Gedung ini akan dibangun pada sebidang tanah di antara Kantor Koramil dan Polsek Sulang. Gedung Balai nikah dan manasik Haji KUA Sulang  ini akan dibangun pada tanah seluas 19 x 31 m2. Adapun luas bangunannya yaitu 7 x 15 m2 terdiri atas dua lantai. Sedangkan terasnya seluas 5 x 7.

Kepala Bidang Urais Kanwil Kemenag Jateng, H. Zainal Fatah dan Kepala Kemenag Rembang, H. M. Fatah meminta kepada rekanan agar pembangunan dapat diselesaikan tepat waktu, yaitu Juli 2023. “Kita ditarget setidaknya Juni-Juli pembangunan harus selesai,” kata Zainal dalam rapat pemaparan pembangunan SBSN KUA Sulang, pada Selasa (17/1/2023) di KUA Sulang.

“Kami minta agar dipercepat pelaksanaan pembangunannya,” imbuh Fatah.

Revitalisasi KUA

Kepala KUA Sulang, Suyatman berharap, proyek pembangunan akan selesai tepat waktu. Sehingga optimasi pelayanan kepada masyarakat akan segera terealisasi. “Ini dalam rangka revitalisasi KUA sebagaimana program prioritas Menteri Agama,” kata Suyatman. — iq/rf