Pantau Manasik Haji, Kakankemenag Berpesan Kepada Jemaah Agar Jaga Kesehatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Kafit meninjau pelaksanaan manasik haji Kecamatan yang digelar oleh KUA Kecamatan Rembang. Manasik haji yang merupakan manasik hari terakhir ini digelar di lapangan Maslahatul Ummah, di depan Gedung Haji pada Senin (22/5/2023).

Manasik haji ini diikuti oleh 159 jemaah calon haji dari ketiga Kecamatan tersebut. Sembilan di antaranya merupakan calon haji cadangan yang telah melunasi dan berhak berangkat tahun ini. Materi pada hari terakhir yaitu praktik haji dan umroh.

Dalam pantauannya, Kakankemenag berpesan kepada jemaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatannya menjelang pemberangkatan haji. Kafit juga sempat berincang-bincang dengan calon haji yang sudah mengenakan kursi roda. Ia berpesan agar yang bersangkutan tetap sabar dan menjaga kesehatannya.

Manasik haji ini sudah digelar selama enam hari. Kegiatan melibatkan tiga narasumber, yaitu KH Atho’illah Muslim, KH Chazim Mabrur, dan KH Hadi Purwaningsih. Adapun materi yang disampaikan meliputi hak dan kewajiban hak, budaya Arab Saudi, Kesehatan, dan lainnya.

Materi disampaikan dalam tiga kelas, yaitu berlokasi di aula KUA Kecamatan Rembang, Joglo, dan aula Dinpermades Kabupaten Rembang.

Plt Kepala KUA Rembang, Subkhan mengatakan, manasik haji ini berjalan dengan lancar. Ia berharap, seluruh calon haji pada manasik haji ini bisa menerapkan materi yang telah didapatkan, agar perjalanan ibadah haji berjalan lancar. — iq/rf