Pembinaan Kepegawaian P3K Kemenag Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja pegawai, Urusan Kepegawaian Kankemenag Kota Salatiga menyelenggarakan Pembinaan Kepegawaian bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga pada Selasa, (12/09) di Gedung Merah Putih Kecamatan Sidomukti. Kegiatan diikuti oleh 29 P3K yang terdiri dari 4 pegawai angkatan tahun 2021 dan 25 pegawai angkatan tahun 2023.

Kakankemenag, H. Wiharso selaku narasumber menyampaikan bahwa pegawai ASN baik itu PNS maupan P3K harus menaati nilai-nilai dasar, kode etik dan kode perilaku. “Mengacu pada PMA Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama, 5 Nilai Dasar ASN meliputi: (1) Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; (2) Integritas; (3) Profesionalitas; (4) Tanggung Jawab; (5) Keteladanan. Selain itu, ASN juga harus menaati kode etik dan kode perilaku yang dibangun dari nilai-nilai dasar tersebut,” jelas Wiharso.

“Ada nilai-nilai yang dapat diambil dari Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyawa terkait dengan tugas kita sebagai abdi negara. Beliau mempunyai ajaran rumangsa melu handarbeni (merasa memiliki), wajib melu hangrungkebi (merasa ikut membela) dan mulat sarira hangrasa wani (Mawas diri) yang patut kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai ASN Kementerian Agama. Bahwa kita harus mempunyai rasa memiliki Kemenag, menjaga merawat dengan sebaik-baiknya karena Kemenag melekat pada diri kita dan senantiasa mawas hari menjaga diri dari hal-hal yang bertentangan dengan nila-nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku sebagai ASN,” tambah Wiharso.

Selanjutnya peserta pembinaan mendapatkan pembekalan kepegawaian dari Analis Kepegawaian, Hj. Mustadzkiroh. Beliau menyampaikan aturan dasar, perjanjian kerja, disiplin pegawai, pembayaran gaji. Adapun informasi terkait dengan presensi dan Aplikasi Pusaka disampaikan oleh Anggun Taruna Putera.

Sebelumnya, Kasubbag TU H. Nurcholis menyampaikan laporan kegiatan. Nurcholis menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulannya untuk meningkatkan profesionalitas, kedisiplinan, sinergitas, integritas dalam bekerja. Beliau berpesan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir untuk mendapatkan informasi yang utuh.(Tim Humas/Sua)