Pengawas Faktor Penentu Kemajuan Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Pengawas Madrasah memiliki peran penting untuk kemajuan madrasah. Pengawas harus membina dan memberikan arahan kepada jajaran guru dan pegawai madrasah untuk bisa melangkah demi meningkatkan kualitas madrasah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Kafit menegaskan, pengawas harus tegas memberikan pembinaan dan arahan kepada jajaran guru da pegawai. “Jangan sampai pengawas itu takut masuk madrasah hanya karena tidak mau dikeluhkan oleh para guru. Masuk saja ke madrasah, lantas berikan pembinaan dan arahan kepada mereka,” kata Kafit ketika rapat dengan jajaran pengawas Madrasah Kemenag Rembang dan jajaran Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang pada Selasa (30/5/2023) di ruang rapat setempat.

Menurut Kafit, pengawas memiliki peran yang signifikan untuk pembenahan di madrasah. Karena itu, Kafit meminta agar pengawas sering-sering berkunjung ke madrasah. Menurutnya, banyak madrasah yang sebenarnya memiliki potensi. “Pengawas harus mampu mendorong madrasah untuk mengasah potensi mereka, baik guru, karyawan maupun siswa. Demi terwujudnya madrasah yang mandiri berprestasi,” tuturnya.

Kendati diakui, jumlah pengawas madrasah di Rembang sangat sedikit. Untuk 50 MI dan 63 RA hanya memiliki 3 pengawas. Sementara  jumlah pengawas 47 MTs dan 22 MA hanya ada 4 orang. Jumlah ini sangat sedikit untuk ratusan madrasah tersebut.

“Kami telah mengusulkan 4 orang pengawas. Alhamdulillah sudah lulus diklat dan sedang diusulkan,” kata Kafit. — iq/rf