Pentingnya Pembinaan PPAIW

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Selasa (15/11) terselenggara Pembinaan PPAIW, Nazhir Wakaf dan Pelatihan Aplikasi Elektronik Akta Ikrar Wakaf (e-AIW) yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Taufiqur Rahman, S.Ag. M.SI., Ketua Pokja Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Attan Navaron,SH.I., Ketua BWI Perwakilan Kota Salatiga Drs. H. Abdul Basith,M.Pd.I., Kepala KUA Kecamatan se-Kota Salatiga dan anggota Forum Komunikasi Nazir Kota Salatiga serta operator SIWAK yang tersebar di 4 (empat) Kecamatan .

Bertempat di Aula Kemenag Kota Salatiga, kegiatan ini sendiri merupakan kerjasama antara Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Kota Salatiga dan Penyelenggara Zakat dan Wakaf  Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dengan tujuan untuk memberikan pembinaan kepada Nazir agar tercapai kesepahaman dalam hal pengelolaan wakaf sehingga maksud para Wakif untuk mewakafkan harta bendanya bisa terakomodir dengan baik dan jelas. Demikian disampaikan Taufiqur Rahman dalam sambutannya di hadapan peserta yang hadir.

Lebih lanjut, perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan  siapapun untuk mempermudah aktivitasnya. Tak terkecuali penggunaan Aplikasi Elektronik Akta Ikrar Wakaf (e- AIW) ini telah dikembangkan untuk menyiapkan para wakif dan nazir melakukan pendaftaran ikrar wakaf secara on line melalui aplikasi yang berbasis web tersebut.  Ada beberapa data dan  dokumen wakaf seperti koordinat lokasi, foto lokasi, KTP dan KK Nazir dan lain sebagainya yang harus di upload di aplikasi tersebut. Operator tingkat kecamatan akan melakukan verifikasi data untuk selanjutnya akan di approve oleh petugas Penyelenggara Zakat dan Wakaf untuk diproses lebih lanjut. Sebagai narasumber pelatihan aplikasi e-AIW, Attan Navaron, SH.I. Ketua Pokja Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. (Humas/CC)