Penyuluh Agama Diminta Rekatkan Kerukunan Umat Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kemenag Rembang – Penyuluh Agama diharapkan bisa berpartisipasi mewujudkan Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Rembang. Hal ini sebagaimana harapan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah kepada para penyuluh.

Demikian disampaikan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah, H. Taslim Syahlan dalam kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Kewaspadaan Daerah di Kabupaten Rembang di Aula Hotel Gajah Mada, Selasa (25/10/2022).

“Sebagaimana yang disampaikan Kakanwil, Penyuluh Agama diharapkan mampu mewarnai kerukunan umat beragama dan mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan ini,” kata Taslim.

Kepala Badan Kesatuan, Bangsa dan Politik Kabupaten Rembang, Drupodo sebelum membuka  kegiatan, berharap kegiatan ini bisa memperkuat kesatuan dan kerukunan antar umat beragama.  “Bangsa kita ini bangsa yang besar. Terdiri dari banyak  suku, etnis, bahasa dan budaya, juga enam agama, maka tokoh-tokoh agama harus menjujung tinggi moderasi beragama”, jelasnya

Drupodo juga mengakui kesungguhan Menteri Agama membangun kerukunan umat beragama. Hal ini diwujudkan dengna penguatan moderasi beragama yang tertera dalam RPJMN.  Drupodo berpesan agar menjaga kebersamaan dan kerukunan di tengah gempuran wacana-wacana di media social yang bisa mengancam persatuan bangsa. “Indonesia adalah negara besar yang penuh dengan perbedaan. Dan jangan mudah terprovokasi berita di media social semacam hoax, ujaran kebencian, dan laiannya,” ujarnya.

Ketua FKUB Kabupaten Rembang, Atoilah Muslim dalam sambutannya menegaskan, moderasi beragama sudah di contohkan Nabi Muhammad SAW.

“Sejarah sudah menyebutkan, Nabi  Muhammad menyerukan “Siapa yang masuk di Baitullah dijamin aman, siapa yang masuk rumah Abu Sofyan juga aman”. Padahal waktu itu Abu Sofyan belum masuk Islam. Akan tetapi Nabi sudah melindunginya,” jelas Atoilah.

Kegiatan yang dihadiri Camat, Kepala KUA sekabupaten Rembang, Penyuluh Agama Islam dan tokoh-tokoh lintas agama menghadirkan Narasumber ketua FKUB Jawa Tengah, Taslim Syahlan dan Kodim Rembang, Parlindungan Simanjuntak. Bertindak sebagai moderator Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang Ali Muhyiddin. —gusman/iq/bd