Percepat Kemajuan Madrasah, MAN 1 Rembang Gandeng UIN Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga dalam rangka percepatan kemajuan madrasah. Kerjasama ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Nomor: B-/In.21/D-4/KS.00/10/2022 antara MAN 1 Rembang dengan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora UIN Salatiga pada Senin (17/10/2022) di ruang Kepala MAN 1 Rembang.

Kepala MAN 1 Rembang, M. Khoiron mengatakan, dengan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi luar diharapkan bisa membuat MAN 1 Rembang menjadi lebih maju dan berprestasi di kancah nasional.

“Kami berharap kerjasama dengan UIN Salatiga akan terus berlanjut sehingga membawa kemajuan MAN 1 Rembang,” harapnya.

Menurut Khoiron, rombongan delegasi UIN Salatiga berjumlah 6 rang yang terbagi menjadi 2 divisi yaitu divisi penelitian dan divisi penerimaan mahasiswa baru (maba). Untuk divisi penelian bertempat di ruang multimedia sedangkan divisi mab bertempat di musala Baiturrahman MAN 1 Rembang.

Supardi mewakili tim divisi penelitian UIN Salatiga mengatakan bahwa tim divisi memaparkan materi tentang penyusunan karya ilmiah, strategi pembuatan jurnal ilmiah nasional dan pendampingan Madrasah Young Researchers Super Camp (Myres) bagi peserta didik MAN 1 Rembang.

“Kami siap mendampingi tim Myres MAN 1 Rembang sampai menghasilkan proposal, dan semoga bisa lolos di ajang Myres 2023,” tandas Supardi.

Supardi berharap pendampingan yang dilakukan divisi penelitian UIN Salatiga bisa mengantarkan MAN 1 Rembang menuju madrasah reseach.

Sementara itu, bertempat di musala, Divisi Maba yang diwakili oleh Hilmi menyampaikan materi tentang penerimaan maba di UIN Salatiga. Hilmi mengatakan bahwa UIN Salatiga menawarkan berbagai macam beasiswa seperti beasiswa bidikmisi, beasiswa BRI, beasiswa KIP, beasiswa tahfidz dan lain sebagainya.

Wakil Kepala (waka) bidang kurikulum MAN 1 Rembang Jliteng Pribadi sekaligus koordinator tim Myres mengatakan bahwa materi yang disampaikan divisi penelitian UIN Salatiga sangat bermanfaat khususnya bagi peserta didik dan guru pendamping Myres.

“Materi penulisan karya ilmiah dan pembuatan jurnal bereputasi nasional menjadi ilmu tersendiri bagi para pendidik di MAN 1 Rembang dalam upaya sebagai syarat penialian angka kredit (PAK) bagi pendidik yang ingin menaikkan pangkat serta golongannya,” kata Pribadi.

Hilmi menambahkan bahwa UIN Salatiga mencetak mahasiswanya menjadi lulusan yang berkualitas, berakhakul karimah dan berkompeten pada disiplin ilmunya.

“Kami tunggu anda semua bergabung dan melanjutkan kuliah di UIN Salatiga,” Sambung Hilmi, Kasubbag Kemahasiswaan UIN Salatiga dihadapan 155 peserta didik kelas XII MAN 1 Rembang.

Mardiono (XII IPS 1) mewakili peserta didik kelas XII MAN 1 Rembang mengatakan bahwa materi yang dijelaskan oleh divisi maba UIN Salatiga sangat gamblang dan mudah dimengerti.

“Semoga saya mempunyai kesempatan untuk bisa kuliah di UIN Salatiga lewat jalur beasiswa bidikmisi,” harapnya. – tejo/iq/bd