Peringatan Hardiknas, Refleksi Perjuangan Pendidikan di Indonesia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembng – Memeringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, MTs Negeri 2 Rembang gelar upacara bendera di lapangan madrasah (Selasa, 2/5/2023). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Madrasah Muhammad Yunus Anis serta diikuti oleh seluruh Dewan Guru, Staf Tata Usaha dan Siswa Kelas 7-8 MTs Negeri 2 Rembang.

Disampaikan oleh Ahmad Makhim Arisanto, selaku Wakamad Bidang Kesiswaan, upacara Hari Pendidikan ini untuk siswa hanya kelas 7 dan 8 yang terlibat. Sementara kelas 9 harus mengikuti Assesmen Madrasah (AM). Makhim Arisanto juga menjelaskan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional ini seluruh peserta diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat daerah.

Dalam sambutannya, Yunus Anis menyampaikan, Peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara atau yang dikenal sebagai bapak pendidikan Indonesia. Ki Hadjar merupakan tokoh pelopor pendidikan yang sangat berjasa dan sebagai refleksi perjuangan pendidikan bagi para guru.

Hardiknas tahun ini kita melaksanakan upacara di madrasah bersama siswa dan dewan guru, sekaligus sebagai ajang refleksi tentang perjuangan tokoh pelopor pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara. Hardiknas ini juga esebagai ajang motivasi bagi kita para guru, dalam memperjuangkan pendidikan. Kita harus menjadi contoh untuk generasi muda untuk mencerdaskan anak bangsa seperti Kihajar Dewantara,” ujarnya.

Yunus Anis berharap, guru lebih optimal dalam memberikan ilmu dan mendidik siswa agar dapat mencetak lulusan yang unggul dan menjadi generasi muda yang cerdas dan handal. “Saya berharap kita harus lebih optimal dan bekerja keras dalam memberikan ilmu dan pendidikan karena menjadi ujung tombak di negara ini sebagai agen of change untuk indonesia,” tambahnya. (Wient/iq/rf)