Peringati Hari Santri, Ini Sejumlah Acara MTsN 1 Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang (MTsN 1 Rembang) –Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022, MTsN 1 Rembang menyelenggarakanupacara bendera. Upacara dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh Guru dan pegawai serta seluruh siswa didik.

Upacara dilaksanakan di lapangan depan MTsN 1 Rembang yang bertemakan “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Upacara berlangsung secara khidmat dan lancar. Setelah upacara, dilanjutkan khataman, tahlil dan pembacaan yasin kemudian pengisian ceramah KH. Mochammad Nawawi.

Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan. Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Upacara ini melibatkan siswa sebagi petugas upacara. Dengan mengenakan kain sarung dan atasan baju koko, siswa putra dan Bapak Guru dan pegawai sebagai peserta upacara sarat dengan kekhasan santri Indonesia. Selain itu, siswa putri beserta dengan Ibu guru dan pegawai juga mengenakan baju gamis juga mencerminkan kekhasan santriwati.

Kepala MTsN 1 Rembang Akhmad Suhadak Solikin selaku Pembina upacara membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia. Suhadak menegaskan bahwa, Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini. “Mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala,” ujaranya. –bd/iq/bd