Padus MAN 2 Rembang Meriahkan Upacara Hari Santri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Gegap gempita semarak Hari Santri Nasional sudah terasa sejak beberapa hari yang lalu. Berbagai acara digelar untuk menyemarakkan gelaran ini di seluruh pelosok nusantara.

Turut memeriahkan Hari Santri Nasional Tahun 2022 ini, MAN 2 Rembang menyelenggarakan Upacara HSN pada hari Sabtu 22 Oktober 2022. Bertempat di halaman depan madrasah diikuti oleh seluruh civitas akademika terdiri dari guru, pegawai, dan para peserta didik.

Mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” upacara berlangsung tertib dan lancar. Pakaian yang dipakai berbeda dari hari biasanya. Hal ini berdasarkan sura edaran Surat Edaran No. 13 Tahun 2022 tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022.

Bagi guru dan pegawai laki-laki memakai pakaian sarung dengan atasan putih dan berpeci, sedangkan yang perempuan menyesuaikan. Sementara untuk peserta didik memakai pakaian khas santri. Pada pukul 07.00 peserta didik sudah berkumpul di lapangan.

Pada upacara tersebut, ada penampilan memukau dari grup paduan suara. Mereka menyanyikan lagu Mars Madrasah, Mars Hari Santri, serta Mars Hizbul Wathan dengan fantastis dan sangat baik. Hal ini mendapat sambutan meriah dari peserta upacara dan ikut menyanyi dengan semangat.

H. Kasnawi selaku kepala madrasah bertindak sebagai pembina upacara dalam amanatnya membacakan pidato Menteri Agama pada Peringatan Hari Santri Nasional. Menteri Agama menjelaskan makna di balik tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Maksud tema tersebut adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Menteri Agama mengajak seluruh masyarakat Indonesia apapun latar belakangnya untuk turut merayakan Hari Santri bukan hanya milik santri, namun juga milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. (huda/iq/bd)