Picu Kreativitas Siswa, MAN 2 Rembang Gelar Ekskul Podcast

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Perkembangan dunia teknologi internet semakin berkembang pesat. Dengan kecanggihan teknologi tersebut menjadi banyak orang yang membuat ide-ide kreatif. Dewasa ini bermunculan konten kreator yang berlomba-lomba membuat konten yang berkualitas dan bisa menarik banyak penggemar.

Salah satu konten yang sekarang banyak diminati adalah podcast. Sudah banyak bermunculan konten-konten podcast dan semakin menjamur. Tokoh dari berbagai latar belakang, dari selebritis sampai politisi ramai-ramai membuat konten ini. Kita tentu cukup familiar dengan podcastnya Deddy Corbuzier, Denny Caknan, Helmy Yahya, Denny Sumargo, Akbar Faisal dan lain sebagainya.

Melihat fenomena tersebut, MAN 2 Rembang menyelenggarakan ekstrakurikuler podcast. Pembina ekskul podcast, Qomarul Huda menyatakan ekstrakurikuler podcast ini baru dimunculkan tahun ini.

“Walaupun baru sekarang ada ekskul podcast, namun sebenarnya madrasah sudah mempunyai perlengkapan dan peralatannya. Selain itu sudah beberapa kali digunakan namun hanya sebatas jika ada momen tertentu sehingga sangat jarang dipakai,” imbuh Huda Sabtu, (10/09).

Ia menambahkan ada beberapa keuntungan dengan adanya ekskul podcast ini. Pertama, memanfaatkan sarana yang ada. Selain peralatan, sudah tersedia juga ruangan podcast yang cukup nyaman. Kedua sebagai ajang siswa berlatih berbicara. Konsep podcast seperti ngobrol sehingga siswa bisa mengeluarkan pendapatnya sekaligus berlatih public speaking. Ketiga bisa sebagai media informasi bagi madrasah.

Di awal-awal pertemuan ini digunakan untuk mengecek kondisi perlengkapan dan juga mematangkan konsep. Tema apa yang akan dibahas, siapa narasumber yang diundang, serta latihan menjadi host. Siswa yang hadir saling berdiskusi dan memberikan usulan.

“Untuk waktunya kita laksanakan hari Sabtu setelah pembelajaran. Sementara ini masih mematangkan konsep. Nanti adakalanya kita mengundang siswa, guru, maupun alumni untuk menjadi narasumber dan meramaikan podcast ini,” pungkas Huda. – huda/iq