Salatiga Siap Bentuk Kampung Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melaksanakan Rapat Koordinasi dan Musyawarah Kampung Moderasi Beragama (KMB) Tahun 2023 bertempat di WM. Soto Pak No pada Selasa, (13/06). Hadir dalam kegiatan tersebut Kakankemenag Kota Salatiga H. Wiharso, Kasi Bimas Islam Hj. Siti Handayani dan staff dan Kepala KUA se-Kota Salatiga.

Kasi Bimas Islam Hj. Siti Handayani menyampaikan beberapa kendala yang ada di masyarakat terkait pembentukan Kampung Moderasi Beragama di Kota Salatiga. Salatiga merupakan kota kecil dengan 4 kecamatan, namun masing-masing kecamatan memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, dengan tradisi yang berbeda-beda. Maka dari itu, kecamatan yang mewakili harus mencerminkan moderasi beragama.

Dalam sambutan dan arahannya, Kakankemenag Kota Salatiga H. Wiharso menyambut baik rencana pembentukan kampung moderasi beragama di Salatiga. Harapanya agar kampung moderasi segera terealisasi mengingat Kota Salatiga sudah mempunyai bekal besar yaitu sebagai kota Toleran.

“Karena kita sudah menerima sosialisasi KMB dari Kakanwil, maka mari segera persiapkan segala sesuatunya termasuk instrument penilaian diantaranya administrative, akomodasi, fisik, serta persiapan SDM dianataranya pemberdayaan penyuluh secara maksimal, pendampingan masyarakat serta sosialisasi secara massif, tidak boleh santai, dan tetap bersinergi dengan semua pihak yang berkepentingan,” jelas Wiharso.(Humas/YF-HA/Sua)