Semarakkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Kemenag Salatiga Gelar Upacara Bendera

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Memperingati Hari UlangTahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menyelenggarakan rangkaian kegiatan seperti Doa Bersama Lintas Agama dan Upacara. Hari ini, Kamis (17 Agustus 2022), bertempat di halaman Kantor Kemenag Salatiga, digelar Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kakankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, membacakan sambutan Pj. Wali Kota Salatiga dengan tema semangat kemerdekaan menuju Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Bertugas sebagai perwira upacara adalah H. Qomarul Aziz, sedangkan sebagai komandan upacara adalah Dwi Suryani, Arsiparis Kemenag Salatiga. 

Upacara diikuti oleh ASN Kemenag Satu Atap, KUA, Penyuluh Agama, dan para penerima hadiah lomba Pawai Ta’aruf yang tampak mengenakan baju adat nasional menandakan keberagaman suku budaya, adat istiadat di Indonesia. Tampak hadir juga Pejabat Korem 073 Salatiga, Kepolisian Resort Salatiga, BAZNAS Salatiga.

Pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh petugas diiringi Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan hening cipta untuk mengenang dan mendoakan arwah para pejuang yang telah gugur ketika berjuang dan mempertahankan kemerdekaan menjadi urutan berikutnya sebelum dibacakannya  teks Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Doa menjadi rangkaian akhir upacara peringatan HUT RI ke-77 yang dipimpin oleh Muhammad Sarifudin.

Dalam kesempatan itu pula, pemenang lomba pawai ta’aruf yang terselenggara beberapa waktu lalu dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah 1444 hadir untuk menerima trophy dan uang pembinaan dari panitia. Adapun kategori yang menjadi penilaian dewan juri adalah kreatifitas umum  mulai dari tingkat RA/TK sampai dengan SMA/MA/ Umum dan kategori drumband. Acara dilanjutkan dengan potong tumpeng dan ramah tamah dengan para tamu undangan yang hadir. Yel-yel yang menjadi jargon Kemenag Salatiga juga didemokan usai upacara untuk  menambah semaraknya HUT RI tahun ini. (Humas/CC)