Siswa MTs Negeri 2 Rembang Wisata Alam Kunjungi Sisa Erupsi Merapi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Mengenal alam dan lingkungan merupakan salah satu kegiatan pembelajaran, dengan menggunakan model berwisata. Kegiatan wisata menjadi program rutin setiap tahun bagi MTs Negeri 2 Rembang dengan mengajak siswa-siswi mengunjungi ke tempat bersejarah atau ke tempat yang memiliki nilai edukasi di dalamnya. Kali ini Yogyakarta menjadi tujuan wisata MTsN 2 Rembang. Segenap siswa MTsN 2 Rembang mengadakan wisata ini pada 14 Februari 2023.

Muhammad Yunus Anis, selaku Kepala MTs Negeri 2 Rembang mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar bersenang-senang, akan tetapi juga sebagai sarana untuk menambah ilmu seputar tempat-tempat bersejarah yang mengandung edukasi. ‚ÄúSepulang dari wisata, siswa wajib untuk membuat laporan, untuk itu, siswa harus bisa membuat catatan hal-hal yang penting sebagai bahan materi penyusunan laporan. “Banyak ilmu ilmu yang tidak diterima selama belajar di madrasah,” tegas Yunus Anis.

Ahmad Makhim Arisanto selaku koordinator mengatakan, dalam kunjungan kali ini siswa-siswi diajak mengunjungi kawasan Merapi yaitu Ketep Pass dan Lava Tour. “Di tempat ini siswa dapat melihat langsung tempat dan peninggalan sisa-sisa satu-satunya ketika terjadinya erupsi gunung merapi tahun 2010 lalu,” katanya.

Salah satu guru pendamping, Eko Munjayanah mengatakan, kegiatan wisata ini mendapat pendampingan dari tour guide, siswa mendapatkan penjelasan dari narasumber sambil melihat langsung Museum Sisa Hartaku.

Saat diwawancarai, Puput salah satu siswa kelas 8, menceritakan beberapa peninggalan warga yang terdampak erupsi Merapi, seperti pakaian, kendaraan, peralatan makan, kaset lagu, bahkan bangunan dan kerangka tulang hewan sisa-sisa erupsi yang tersisa masih dapat kita lihat di sana. (Wient/iq/rf).