Siswa MTsN 2 Rembang Ini Manfaatkan Olga untuk Bentuk Karakter Gotong Royong

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs N 2 Rembang – Pengerjaan Proyek PUPR di MTs Negeri 2 Rembang yang berlangsung sejak bulan Juli 2022 memberi motivasi baru bagi siswa dan guru. Walaupun selama satu semester kemarin pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di dua tempat, yaitu sebagian di lingkungan MTs Negeri 2 Rembang dan sebagian menempati gedung Madrasah Diniyah Fatimiyah.

Salah satu pengerjaan proyek PUPR adalah pavingisasi sebagian lapangan yang selama ini dimanfaatkan sebagai lapangan olah raga. Ahmad Makhim Arisanto, selaku guru Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesahatan, pagi ini (17/1/23) mengajak siswa dengan memanfaatkan jam pelajaran Penjaskes untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lapangan dari sisa-sisa material pengerjaan proyek.

Arisanto menyampaikan, gotong royong ini merupakan salah satu pendidikan karakter yang menjadi tradisi dan busaya bangsa kita, “Selain membersihkan lapangan agar dapat difungsikan kembali untuk olah raga, juga untuk menghindari resiko terluka saat olah raga. Dikuatirkan masih ada sisa-sisa bangunan seperti paku yang membahayakan siswa,” Ujar Arisanto.

Menanggapi hal ini, Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, siswatidak hanya diajarkan materi pelajaran saja, akan tetapi mereka perlu diajarkan sikap dan perilaku dalam membentuk karakter siswa. Setidaknya dapat menumbuhkan sikap gotong-royong dan rasa memiliki pada diri setiap siswa.

Menurut Yunus Anis, setelah proyek PUPR selesai dan serah terima, akan dilanjutkan penataan dan membersihkan lingkungan madrasah. Yunus Anis juga berharap agar semua komponen madrasah baik siswa dan guru dapat menanamkan rasa memiliki sehingga dapat menjaga fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah.
Para siswa yang merasa rindu dengan suasana madrasah untuk dapat bermain di lapangan saat jam-jam istirahat, mereka merasakan kegembiraan sambil bekerja bakti. — wient/iq/rf