Siswa MTsN 4 Rembang Ikuti Ujian Praktik Keagamaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Untuk membentuk generasi muda atau peserta didik yang religius, berakhlakul karimah, berprestasi dan berwawasan lingkungan, MTs N 4 Rembang melaksanakan melaksanakan ujian praktik agama. Kegiatan ini diadakan pada Senin-Rabu (23-25/5/2022) mulai pukul 08.00 WIB- selesai.

Ujian  agama mata pelajaran Fiqh dan Alquran dan Hadits mencakup praktik baca tahlil, hafalan Juz’amma, tahlil, sholat sunnah dan doa sesudah sholat dan lain-lain.

Sebagai tim penguji antara lain Siti Suwaibah, Arie Ambarwati, Ahmad Setyo Budi Leksono, Nurul Hidayah, Umi Hanik, Abdul Qodir, Dewi Sulistyowati dan Surawi

Kepala MTs N 4 Rembang Teguh Santosa mengatakan, tujuan ujian praktik ini adalah untuk meningkatkan keimanan dengan selalu menjaga perintah Allah.

Menurutna, siswa lulusan madrasah tidak hanya mengusai ilmu pengetahuan, tekonologi tetapi juga mengusai ilmu agama dan juga mampu mengimplementasikan dalam keseharian yang tercermin dalam akhlak yang baik dan mengamalkan syariat islam.

“Ilmu yang dipelajari dalam waktu tiga tahun, khususnya ilmu agama, akan bisa memiliki nilai-nilai kebermanfaatan untuk umat atau berguna di tengah-tengah masyarakat. Di antaranya yasin, tahlil, zikir dan lain-lain,” ungkap Teguh

Surawi salah satu penguji ujian praktek mengatakan kegiatan ini bermanfaat untuk membangun manusia yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia, serta menjalin komunikasai antara guru dan wali murid. Dalam ujian ini, orang tua hadir mendampingi anak-anak untuk melihat secara langsung perkembangan putra-putrinya.

Lina, salah wali siswa mengapresiasi kegiatan ujian praktek dengan menghadirkan orang tua. Menurutnya, hal ini memotivasi siswa untuk bersungguh-sungguh dalam belajar, serta ada komunikasi timbal balik antar guru dan siswa. —dwi/iq/rf