Tak Sekedar Magang di Kantor Kemenag, Mahasiswa UIN Salatiga Kembangkan Potensi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Sebanyak 22 mahasiswa UIN Salatiga dari Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah melaksanakan PPL di Kantor Kemenag Kota Salatiga sejak 18 Juli sampai 31 Agustus 2022. Kegiatan kurikuler ini wajib dilakukan mahasiswa praktikan sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang telah diperoleh pada semester sebelumnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) disebut sebagai bentuk pembelajaran dan pengalaman mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan. Mahasiswa bisa mengambil manfaat PPL sehingga dapat memicu kreativitas dan memperluas cakrawala berfikir. Dosen Pembimbing Lapangan, Benny Ridwan menyampaikan harapannya  melalui kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman faktual guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi tenaga profesional.

Kasubag TU Kantor Kemenag Kota Salatiga, Nurcholis menyampaikan dari 22 mahasiswa tersebut, 12 mahasiswa ditempatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Salatiga dengan sistem roling setiap minggu dan 10 mahasiswa sisanya ditempatkan di Kantor Kemenag Kota Salatiga. Peserta PPL kali ini berasal dari 7 mahasiswa Prodi AFI, 7 mahasiswa Prodi KPI dan 8 mahasiswa Prodi MD. Dalam sambutanya Nurcholis menyampaikan agar mahasiswa terlibat aktif dalam program PPL sehingga wawasannya tentang dunia kerja bisa terbuka luas. Sementara itu dalam kesempatan apel pagi Ahmad Mustahal, kepala KUA Tingkir menyampaikan, “Kalian mahasiswa harus mampu menyesuaikan diri. Informasi atau apapun yang kalian butuhkan silakan gali disini sehingga ketika kalian selesai melaksanakan PPL di KUA Tingkir  kalian paham dan mampu mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh.”

            Banyak bidang yang dapat dipelajari dalam masa PPL kali ini antara lain : pelayanan haji umroh, sertifikasi produk halal, pelayanan nikah, pengukuran arah kiblat, pelayanan zakat wakaf dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan praktik langsung di masyarakat seperti menjadi khotib jum’at, mengimami tahlilan, mengikuti ikrar wakaf, ikrar syahadat muallaf dan lain sebagainya. Mudjibah Utami, penyuluh fungsional yang bertugas di KUA kecamatan Tingkir mengingatkan pada mahasiswa PPL untuk memperluas jejaring dan menggali pengalaman sebanyak – banyaknya. “Jadikan PPL sebagai sarana untuk kalian belajar, apa yang kalian butuhkan silakan cari di sini. Jangan lupa banyak belajar dan jaga akhlak,” ungkap beliau sebagai pembimbing mahasiswa PPL di KUA Tingkir. ( Fikri, Fatma, Baiti – mahasiswa PPL UIN Salatiga )