Tarhim Putaran Pertama, Wali Kota Jadi Tuan Rumah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Pemerintah Kota Salatiga (Walikota) menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Tarawih dan Silaturahim (Tarhim) putaran pertama 1444H/2023M bertempat di Rumah Dinas Walikota (27/03). Tarhim dihadiri oleh Sekda, Kakankemenag, Forkopimda, Kepala OPD, camat, lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, ASN di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga dan Kemenag Salatiga serta masyarakat sekitar. Bertindak sebagai imam HM. Mudatsir, M.SI, Penceramah H. Taufiqur Rahman, S.Ag M.S.I, Qori/Bilal Muadib M, S.Ag.

Kegiatan rutin tahunan ini kembali disenggarakan oleh Panitia Amalan Ramadhan setelah beberapa waktu vakum dikarenakan pandemi covid-19. Tahun ini, masa peralihan menuju endemic, pemerintah telah melonggarkan masyarakat untuk bisa menunaikan sholat tarawih di masjid atau mushola, asalkan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Pada tahun ini akan diadakan 15 putaran yang di dilaksanakan secara bergiliran pada instansi pemerintah dan swasta di  lingkungan Kota Salatiga.

Dalam sambutanya, PJ Walikota, Sinung Rachmadi mengapresiasi kegiatan tarhim dan menghaturkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia juga hadirin yang telah mensukseskan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini menjadi kebahagiaan yang luar biasa, memasuki hari kelima Ramadhan, Wali Kota Salatiga berkesempatan menjadi tuan rumah putaran pertama. Ini juga menandai kepatuhan dan ketaatan kami untuk tidak mengadakan buka bersama, tapi tarawih bersama. Pada kesempatan yang baik ini, mari kita menjaga kerukunan, toleransi, dan keberagamaan,“ tutur Sinung.

Sesuai dengan tema tarhim “Ramadhan Wujudkan Masyarakat yang Ramah, Toleran, Rukun”, Kakankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman menyampaikan beberapa kajian Ramadhan. “Sikap dan perilaku menjadi salah satu keutamaan dalam menjaga toleransi dan kebersamaan. Bersikap ramah, menghormati yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda itu cerminan dari adab, karena adab lebih tinggi dari ilmu,” jelas Taufiq.

Dalam giat tersebut, juga dibagikan bingkisan sembako dan kursi roda  dari Baznaz yang diserahkan secara langsung oleh Pj. Walikota dan perwakilan Forkompimda termasuk Kakankemenag Kota Salatiga.(Humas/Sua)