TBTQ dan MAPSI, Ajang Kompetisi dan Kreativitas Seni Islam Siswa SMP

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

REMBANG – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Kabupaten Rembang menggelar lomba Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an (TBTQ) dan Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI). Acara yang digelar pada Kamis (22/9/20222) dan berpusat di SMP Negeri 2 Rembang ini digelar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang dan Kankemenag Kabupaten Rembang.

Lomba ini meliputi 11 cabang, yaitu Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI), pidato (putra dan putri) , tilawah (putra dan putri), tartil (putra dan putri), tahfidz ( putra dan putri) dan kaligrafi (putra dan putri). Secara keseluruhan, acara ini diikuti sebanyak 610 peserta dan 33 dewan juri.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Subdit PAI Pada SMP Kementerian Agama RI, Agus Sholeh. Ia mengatakan, lomba ini adalah ajang untuk pengembangan prestasi siswa. Selain juga sebagai syiar Islam.

“Lomba harus dilaksanakan dengan sehat. Ke depan, semoga lomba MAPSI tidak hanya Baca dan Tulis Alquran, namun lebih berbasis pemahaman arti dan makna Al Qur’an. Ini untuk merangsang berpikir kritis karena Alqur’an berpesan untuk membaca dan berpikir,” imbuhnya.

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz yang membuka secara Resmi pelaksanaan Lomba ini mengapresiasi MGMP PAI SMP Rembang yang sudah menginsisiasi terselenggaranya lomba TBTQ dan MAPSI Tingkat Kabupaten.

”MAPSI adalah ajang pembiasaan yang baik bagi pemuda yang merupakan aset bangsa. Maka, bibit-bibit harus dididik dengan baik agar hasilnya juga baik. Saya berharap kegiatan ini mampu melahirkan generasi-generasi muda yang cerdas berprestasi berkarakter dan memiliki akhlak mulia serta dijadikan sarana dalam menggali potensi siswa dalam rangka menciptakan generasi cerdas, unggul dan islami, guna memenangkan persaingan global,” katanya.

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP, H. Munawar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan TBTQ dan MAPSI ini digelar dalam rangka memotivasi peserta didik dalam mengamalkan ajaran Islam. ”Dengan demikian, pembelajaran pendidikan agama Islam tidak melulu dilaksanakan di dalam kelas. Tapi juga melalui kegiatan kompetisi agar pengetahuan Islam peserta didik dapat terus berkembang,”jelasnya.

Dia menyebutkan, bagi siswa dan kelompok yang meraih juara I dalam lomba ini, akan mewakili Kabupaten Rembang dalam lomba MAPSI tingkat Jawa Tengah.
“Pada 2019, Kabupaten Rembang berhasil meraih Juara umum tingkat provinsi, semoga tahun ini kembali meraih juara umum tingkat Jawa Tengah,” harap Munawwar.

Pembukaan lomba ditutup dengan doa oleh Kasi PAI pada Kemenag Rembang, Sarip. Jajaran pejabat lantas meninjau tempat pelaksanaan lomba TBTQ dan MAPSI. –aris/iq/rf