Terapkan Metode Praktik pada Materi Sujud Tilawah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 2 Rembang (Humas) – Sebagai implementasi pembelajaran mapel Fikih, MTsN 3 Rembang mengadakan praktik Sujud Tilawah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 8 MTs Negeri 2 Rembang, Rabu (13/9/2023).

Mutimmatul Aliyah selaku guru Fikih kelas VIII mengatakan, mapel Fiqih merupakan mapel yang berkaitan dengan ibadah manusia terutama pada Allah SWT sehingga harus dipahami dengan benar-benar paham dan mampu mempraktikkannya dengan baik. “Ada kalanya pada materi-materi tertentu harus dibarengi secara langsung melalui praktik, sehingga siswa akan lebih senang dan paham seperti halnya materi Sujud Tilawah yang dipraktikkan saat ini,” kata Mutimmatul Aliyah.

Menurutnya adanya praktik Fiqih tentang Sujud dimaksudkan agar pembelajaran di Madrasah menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami. “Bagi guru, hal ini dapat untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman siswanya terkait gerakan-gerakan, waktu bahkan cara melakukan Sujud dengan benar baik sujud sahwi, sujud syukur maupun sujud tilawah,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu siswa kelas VIIIA Chealey mengungkapkan bahwa melalui praktikum ini terasa lebih menyenangkan dan lebih mudah memahami tata cara sujud yang benar, bukan hanya membayangkan saja namun langsung mengetahui tata caranya.

“Hal yang mengesankan dalam praktik sujud tilawah ini adalah siswa diajari satu persatu tentang sujud tilawah secara rinci. Mulai gerakan-gerakannya, tata caranya serta bacaan-bacaannya dan hal-hal yang berkaitan dengan materi Sujud Tilawah. Ketika ada kekeliruan kami langsung diingatkan dan dibenarkan,” ucap Chealey setelah mengikuti pelajaran praktik. (Wient/iq/bd/rk).