Warna-Warni Nusantara Warnai Upacara Hari Lahir Pancasila di Kemenag Demak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Warna-warni Nusantar warnai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang diselenggarakan di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak pagi ini, Kamis (1/06).

Upacara peringatan Hari lahir Pancasila tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak berlangsung dengan lancar. Sejak pukul tujuh pagi para peserta upacara telah nampak memenuhi halaman kantor. Mereka terdiri dari pegawai Kankemenag, Pengawas Madrasah /PAI, dan Pegawai KUA yang tidak mendapat tugas upacara di tingkat kecamatan.

Dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, para peserta mengikuti jalannya upacara dengan hikmat. Adalah Dina Maulaya, salah seorang pegawai pada Seksi Bimas Islam, pagi itu ia nampak begitu berbeda di antara teman wanita sejawatnya. Ia nampak begitu anggun mengenakan pakaian adat Dayak tatkala bertugas sebagai pembawa acara sementara yang lainnya mayoritas mengenakan baju kebaya.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kasubbag TU, Nur Fauzi. Pagi itu ia berbagi tugas dengan Kepala Kantor yang mendapat tugas mengikuti upacara di Pendopo Kabupaten Demak usai mengikuti upacara di halaman Kantor Kemenag. Dengan mengenakan baju adat Kabupaten Demak Nur Fauzi menjalankan tugasnya dengan baik, diantaranya adalah membacakan pidato Presiden Republik Indonesia dalam amanatnya.

“Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara,” bacanya. Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia, lanjutnya, untuk itu sudah selayaknya kita semua Bangsa Indonesia untuk mengaktualisasikan Pancasila sehingga senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan.

Sebagai sebuah acara seremonial yang setiap tahun diselenggarakan, melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan Pancasila tidak hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. “ Sehingga nilai-nilkai Pancasila akan tertanam di dalam hati Bangsa Indonesia,” harap Presiden RI yang dibacakan dengan jelas oleh Nur Fauzi.

Sebagai informasi, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini disamping dilaksanakan secara luring, peserta upacara juga diwajibkan mengikuti jalannya upacara secara daring yaitu melalui kanal youtube, laman facebook, Instagram, dan siaran TV nasional. Maka usai upacara, para peserta pun menuju aula  untuk mengikuti jalannya upacara yang berlangsung di Lapangan Monumen Nasional, Medan Merdeka, Jakarta Pusat  melalui kanal youtube.(msr/rf).