Wujudkan Peradaban Lebih Baik, MTsN 5 Rembang Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs Negeri 5 Rembang — MTsN 5 Rembang menyelenggarakan upacara Hari Lahir Pancasila 2023 di lapangan upacara MTsN 5 Rembang. Upacara yang diikuti oleh guru, karyawan dan peserta didik kelas VII dan VIII, dipimpin langsung oleh Asyrofi Plt. Kepala MTsN 5 Rembang yang sekaligus bertindak sebagai inspektur Upacara. Upacara berjalan dengan tertib dan hikmat.

Pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah berperan sebagai petugas upacara, mampu melaksanakan tugas dengan baik.
Kami merasa bangga karena bisa mewakili teman-teman untuk menjadi petugas di hari lahir pancasila ini ujar Aji ketua OSIM MTsN 5 Rembang. “Semoga apa yang kami berikan ini bisa menjadi contoh untuk teman-temanku siswa/i MTsN 5 Rembang,” harap Aji

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Gotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global”. Asyrofi menjelaskan, tema Ini memiliki makna bahwa peringatan hari lahir Pancasila menjadi momentum pemantik bagi Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia.

“Momentum hari lahir pancasila, sudah seharusnya dijadikan peserta didik MTs Negeri 5 Rembang berupaya mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik dlingkungan madrasah atau di tengah masyarakat, walaupun hal itu sudah tentu membutuhkan proses sosialisasi yang terencana, sistematis, dan berkelanjutan dari MTs Negeri 5 Rembang,” ungkap Zulfatul Laela Pembina OSIM MTsN 5 Rembang, Kamis (01/06).

Setelah upacara, peserta didik diberi tugas membuat resume tentang pentingnya memperingati Hari lahir Pancasila. Selain hal tersebut mampu meningkatkan pengetahuan siswa tentang peristiwa lahirnya Pancasila, juga sekaligus melatih peserta didik terbiasa dengan kegiatan literasi._(Yl/An/Hb/iq/rf)